Text
SKRIPSI ANALISIS MODUL AJAR GURU BIOLOGI KELAS X SMA NEGERI DI KABUPATEN PATI
ABSTRAK
Susanti, Dyah Ayu Febriana Tri. 2023. "Analisis Modul Ajar Guru Biologi Kelas X SMA Negeri di Kabupaten Pati". Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, S.Si., S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Ferisa Prasetyaning Utami, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: analisis komponen, kurikulum merdeka, modul ajar biologi
Salah satu perbedaan antara Kurikulum Merdeka dengan kurikulum sebelumnya adalah pembuatan modul ajar. Saat ini belum diketahui kualitas modul ajar yang dibuat oleh guru. Berdasarkan hasil wawancara dengan guru biologi kelas X SMA Negeri di Kabupaten Pati, diketahui terdapat berbagai kendala yang dialami guru dalam proses menyusun dan mengembangkan modul ajar. Oleh karena itu, perlu dilakukan analisis kelengkapan dan kesesuaian komponen isi modul ajar.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kelengkapan dan kesesuaian modul ajar mata pelajaran biologi yang dibuat oleh para guru biologi kelas X SMA Negeri di Kabupaten Pati ditinjau dari Panduan Pembelajaran dan Asesmen (PPA). Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sampel pada penelitian ini merupakan SMA Negeri di Kabupaten Pati yang ditentukan secara cluster sampling berdasarkan kategori peringkat sekolah yang dilihat dari hasil skor UTBK tahun 2022. Instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara dan lembar observasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Adapun tahapan teknik analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat diketahui bahwa kelengkapan isi komponen modul ajar yang dibuat oleh guru biologi kelas X SMA Negeri di Kabupaten Pati memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 80,14% dengan kategori sesuai. Sedangkan untuk kesesuaian isi komponen modul ajar yang dibuat oleh guru biologi kelas X SMA Negeri di Kabupaten Pati memperoleh nilai rata-rata persentase sebesar 90,20% dengan kategori sangat sesuai. Dari hasil analisis, ditemukan enam indikator komponen yang masih kurang dan perlu dimaksimalkan, di antaranya: 1) kompetensi awal, 2) sarana dan prasarana, 3) target peserta didik,
4) pengayaan dan remedial, 5) glosarium, dan 6) daftar pustaka. Dengan adanya temuan tersebut, kemampuan guru dalam menyusun modul ajar dirasa masih kurang. Harapannya guru dapat membenahi diri terkait dengan modul ajar yang telah dibuat guru agar lebih maksimal.
49-UN57.U1-SPB-VIII-2023 | BIOLOGI SUS A 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain