Text
SKRIPSI STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MELAKUKAN REBRANDING RADIO REPUBLIK INDONESIA JAKARTA
ABSTRAK
(Gading Octorio Hermaya. 2023)
STRATEGI PUBLIC RELATIONS DALAM MELAKUKAN REBRANDING RADIO REPUBLIK INDONESIA JAKARTA Jurusan Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Tidar
Radio Republik Indonesia (RRI) merupakan satu-satunya radio yang menyandang nama negara yang mana siarannya harus ditujukan untuk kepentingan bangsa dan negara. Saat ini RRI telah melakukan rebranding untuk menjadi radio berbasis multiplatform atau radio modern. Namun persepsi masyarakat terhadap RRI masih mengarah kepada radio jaman dahulu (jadul), mulai dari pembawaan pesan, isi pesan, hingga desain konten media sosial atau aspek lainnya yang tampak dari luar. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan memahami strategi Public Relations dalam melakukan rebranding Radio Republik Indonesia. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, indepth interview dengan empat informan dari LPP RRI dan dokumentasi. Tipe penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan studi kasus dan paradigma konstruktivisme. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa Public Relations Radio Republik Indonesia Jakarta memiliki strategi dalam melakukan rebranding, seperti kolaborasi dan kerjasama dengan stakeholder, pengalokasian dana, menggunakan tenaga profesional untuk permasalahan rebranding, menempatkan SDM sesuai dengan kuota yang ada, memaksimalkan rebranding melalui multiplatform, melakukan promosi dan mutasi karyawan, mengajukan penambahan kuota PNS, dan program pelatihan pada Pusdiklat RRI khususnya tenaga Pranata Humas. Strategi Public Relations RRI bisa diketahui melalui strategi perencanaan Public Relations dengan empat tahapan yaitu tahap mendefinisikan masalah, perencanaan dan pemrograman, mengambil tindakan dna mengomunikasikan, dan evaluasi program. Kemudian pada tahap implementasi bisa diketahui melalui konsep rebranding dengan empat elemen yaitu repositioning, renaming, redesigning, dan relaunching.
Kata Kunci: Strategi Public Relations, Rebranding, Radio Republik Indonesia
25-UN57.U1-SIK-VIII-2023 | KOMUNIKASI HER S 2023 | Ruang Skripsi (ILMU KOMUNIKASI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain