Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS ISU SOSIO SAINTIFIK UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR TINGKAT TINGGI SISWA
ABSTRAK
Indriyanto, Muhammad Rifqi. 2023. “Pengembangan modul IPA berbasis Isu Sosio Saintifik untuk meningkatkan Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa”. Skripsi. Program Studi Ilmu Pengetahuan Alam, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Modul, Isu Sosio Saintifik, Problem Based Learning, Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi
Kemampuan berpikir tingkat tinggi merupakan proses mencari permasalahan untuk ditentukan solusinya melalui cara berpikir kritis. Taksonomi bloom membagi kemampuan tersebut meliputi menganalisis, mengevaluasi, dan menciptakan. Hasil observasi dan wawancara guru IPA di SMP Negeri 1 Secang menunjukkan terdapat beberapa kendala diantaranya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa rendah yang ditandai siswa kesulitan dalam menyelesaikan fenomena permasalahan yang tersaji dalam soal. Permasalahan lain yang muncul meliputi bahan ajar yang digunakan oleh guru belum mengarahkan siswa mengangkat isu sosial yang berkaitan dengan kehidupan untuk mengarahkan siswa pada peningkatan kemampuan berpikir tingkat tinggi.
Permasalahan yang ditemukan dapat diatasi dengan cara mengembangkan inovasi terbaru IPA berbasis Isu Sosio Saintifik untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui kevalidan modul IPA berbasis Isu Sosio Saintifik, efektivitas penggunaan modul IPA berbasis Isu Sosio Saintifik, dan kepraktisan modul IPA berbasis Isu Sosio Saintifik yang diimplementasikan di SMP Negeri 1 Secang.
Penelitian ini menggunakan metode research and development dengan model ADDIE. Validasi modul IPA berbasis Isu Sosio Saintifik dilakukan oleh empat validator ahli dan dihitung menggunakan rumus V aiken. Uji keefektifan modul menggunakan hasil pretest dan posttest. Uji kepraktisan modul menggunakan angket respon siswa.
Hasil penelitian menunjukkan uji kevalidan produk dinyatakan valid dengan perolehan nilai V aiken sebesar 0,86. Uji efektivitas menggunakan uji N-Gain dan diperoleh hasil 0,41 dengan kategori sedang. Uji kepraktisan yang dilakukan siswa sebesar 96,3% dengan kategori sangat praktis. Uji validitas instrumen tes dilakukan oleh empat orang ahli dan uji reliabilitasnya dilakukan oleh 32 siswa kelas IX. Modul IPA berbasis Isu Sosio Saintifik diimplementasikan dengan subjek penelitian berjumlah 32 siswa kelas VIII E di SMP Negeri 1 Secang. Uji kepraktisan modul IPA berbasis Isu Sosio Saintifik dilakukan siswa.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah modul IPA berbasis Isu Sosio Saintifik layak digunakan, efektif meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa, serta praktis untuk diimplementasikan dalam pembelajaran. Peneliti menyarankan kepada guru agar modul IPA berbasis Isu Sosio Saintifik yang telah dikembangkan diharapkan dapat dipergunakan sebagai bahan ajar alternatif pendamping kegiatan pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
63-UN57.U1-SI-VIII-2023 | IPA IND P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain