Text
SKRIPSI IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN DENGAN TES DIAGNOSTIK LIMA TINGKAT
ABSTRAK
Prayugi, D. H. 2023. “Identifikasi Miskonsepsi Siswa pada Materi Sistem Pernapasan dengan Tes Diagnostik Lima Tingkat”. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Eli Trisnowati, M.Pd.
Kata Kunci : Miskonsepsi Siswa, Materi Sistem Pernapasan, Tes Diagnostik Lima Tingkat
Sistem pernapasan merupakan topik materi pembelajaran IPA yang berisiko tinggi terjadi miskonsepsi. Tes diagnostik lima tingkat dinilai memiliki akurasi lebih tinggi, jika dibandingkan dengan tes diagnostik tiga tingkat serta dapat mengetahui sumber miskonsepsi siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengungkap miskonsepsi siswa yang terjadi pada materi sistem pernapasan. Subjek penelitian merupakan siswa kelas 8 SMP yang telah menerima pembelajaran untuk materi sistem pernapasan manusia. Pemilihan sampel menggunakan teknik snowball sampling. Wawancara dilakukan pada siswa yang terdiagnosis mikonsepsi melalui tes diagnostik.
Hasil tes diagnostik pada 185 siswa ditemukan 52% siswa miskonsepsi, 29% siswa paham konsep, serta 19% siswa tidak paham konsep. Miskonsepsi siswa pada materi sistem pernapasan dalam kategori tingkat sedang dan tersebar diseluruh konsep yang diuji. Siswa gagal menghubungkan konsep pada konsep materi mekanisme pernapasan. Pengertian yang tidak tepat salah satunya dinyatakan siswa pada konsep gangguan pada sistem pernapasan. Gagasan yang tidak tepat disebabkan karena pemahaman siswa yang tidak lengkap pada suatu konsep, sehingga menimbulkan mikonsepsi. Sumber atau penyebab miskonsepsi yang dialami oleh siswa berasal dari miskonsepsi yang bersumber dari teman yang selanjutnya disebut MK-T, berasal dari guru disebut MK-G, berasal dari buku disebut MK-B, dan bersumber dari internet disebut MK-I, serta miskonsepsi dari sumber lainnya. Sumber informasi lainnya penyebab miskonsepsi pada materi sistem pernapasan, yaitu buku teks, teman, internet, dan sumber lainnya yang meliputi orang tua, pemikiran siswa sendiri, serta buku bacaan selain buku teks pembelajaran.
62-UN57.U1-SI-VIII-2023 | IPA PRA I 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain