PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM, GAMES, TOURNAMENT) BERBANTUAN QFC (QUARTED FLASH CARD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMP

INDAH ALFIAH NOOR - Nama Orang;

ABSTRAK
Noor, Indah Alfiah. (2023). “Penerapan Model Pembelajaran TGT (Team, Games, Tournament) Berbantuan QFC (Quarted Flash Card) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc.
Hasil belajar merupakan sebuah kemampuan siswa yang didapatkannya setelah mendapatkan informasi dalam pelajaran yang diberikan guru atau sumber belajar lainnya. Model pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil wawancara dengan Guru IPA SMP Kelas VII SMP Negeri 1 Mertoyudan menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif pada siswa SMP Negeri 1 Mertoyudan masih rendah. Permasalahan tersebut dapat diatasi yaitu salah satunya melalui penerapan model pembelajaran TGT (Team, Games, Tournament) berbantuan QFC (Quarted Flash Card). Pembelajaran TGT (Team, Games, Tournament) berbantuan QFC (Quarted Flash Card) diketahui dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif siswa SMP menggunakan model pembelajaran TGT (Team, Games, Tournament) berbantuan QFC (Quarted Flash Card) dan keterlaksaan pembelajaran TGT (Team, Games, Tournament) berbantuan QFC (Quarted Flash Card).
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis kuasi eskperimen dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Mertoyudan. Sampel penelitian meliputi kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa soal essay sebanyak 12 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji Independent T-Test yaitu 0,00 < 0,05 artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eskperimen dan kelas kontrol. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,76 dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai sebesar 0,41 dengan kategori sedang. Keterlaksanaan pembelajaran TGT (Team, Games, Tournament) berbantuan QFC (Quarted Flash Card) pada kelas eksperimen terlaksana dengan sangat baik dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 95,45 sedangkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) juga terlaksana dengan sangat baik dengan persentase 90,91.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif siswa SMP menggunakan model pembelajaran TGT (Team, Games, Tournament) berbantuan QFC (Quarted Flash Card) dan keterlaksanaan pembelajaran terlaksana dengan sangat baik.
Kata Kunci: TGT (Team, Games, Tournament), QFC (Quarted Flash Card), hasil belajar kognitif


Ketersediaan
61-UN57.U1-SI-VIII-2023IPA NOO P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA NOO P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIV;173HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik