Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM, GAMES, TOURNAMENT) BERBANTUAN QFC (QUARTED FLASH CARD) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA SMP
ABSTRAK
Noor, Indah Alfiah. (2023). “Penerapan Model Pembelajaran TGT (Team, Games, Tournament) Berbantuan QFC (Quarted Flash Card) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Kognitif Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc.
Hasil belajar merupakan sebuah kemampuan siswa yang didapatkannya setelah mendapatkan informasi dalam pelajaran yang diberikan guru atau sumber belajar lainnya. Model pembelajaran yang tepat dalam proses belajar mengajar sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Hasil wawancara dengan Guru IPA SMP Kelas VII SMP Negeri 1 Mertoyudan menunjukkan bahwa hasil belajar kognitif pada siswa SMP Negeri 1 Mertoyudan masih rendah. Permasalahan tersebut dapat diatasi yaitu salah satunya melalui penerapan model pembelajaran TGT (Team, Games, Tournament) berbantuan QFC (Quarted Flash Card). Pembelajaran TGT (Team, Games, Tournament) berbantuan QFC (Quarted Flash Card) diketahui dapat meningkatkan hasil belajar kognitif siswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif siswa SMP menggunakan model pembelajaran TGT (Team, Games, Tournament) berbantuan QFC (Quarted Flash Card) dan keterlaksaan pembelajaran TGT (Team, Games, Tournament) berbantuan QFC (Quarted Flash Card).
Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis kuasi eskperimen dengan desain non equivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas VII di SMP Negeri 1 Mertoyudan. Sampel penelitian meliputi kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian berupa soal essay sebanyak 12 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya.
Hasil analisis data diperoleh bahwa hasil uji Independent T-Test yaitu 0,00 < 0,05 artinya terdapat perbedaan hasil belajar siswa antara kelas eskperimen dan kelas kontrol. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,76 dengan kategori tinggi, sedangkan pada kelas kontrol mendapatkan nilai sebesar 0,41 dengan kategori sedang. Keterlaksanaan pembelajaran TGT (Team, Games, Tournament) berbantuan QFC (Quarted Flash Card) pada kelas eksperimen terlaksana dengan sangat baik dengan persentase keterlaksanaan pembelajaran sebesar 95,45 sedangkan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran PjBL (Project Based Learning) juga terlaksana dengan sangat baik dengan persentase 90,91.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif siswa SMP menggunakan model pembelajaran TGT (Team, Games, Tournament) berbantuan QFC (Quarted Flash Card) dan keterlaksanaan pembelajaran terlaksana dengan sangat baik.
Kata Kunci: TGT (Team, Games, Tournament), QFC (Quarted Flash Card), hasil belajar kognitif
61-UN57.U1-SI-VIII-2023 | IPA NOO P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain