Text
SKRIPSI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA
ABSTRAK
Hilala, Wulan. 2023. “Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Eli Trisnowati, M.Pd., Pembimbing II Nuryunita Dewantari, M.Pd. Kata
Kunci: Motivasi Belajar, Hasil Belajar Kognitif, Model Pembelajaran STAD
Motivasi belajar dan hasil belajar siswa di SMP N 1 Windusari masih rendah. Motivasi belajar siswa sangat penting bagi siswa dimana apabila motivasi belajar siswa rendah diduga dapat mengakibatkan hasil belajar yang rendah, karena dugaan ini diasumsikan dari hasil kajian teori bahwa motivasi belajar berpengaruh terhadap hasil belajar. Dari dugaan tersebut peneliti ingin mencari lebih detail tentang bagaimana pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif siswa, karena berdasarkan temuan – temuan penelitian sebelumnya masih banyak hasil yang tidak seragam. Tujuan penelitian ini yang pertama adalah menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran STAD terhadap motivasi belajar siswa. Kedua menganalisis pengaruh model pembelajaran STAD terhadap hasil belajar kognitif siswa, dan yang ketiga menganalisis pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif siswa. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen (quasi eksperimen) yang dilakukan peneliti untuk mengetahui pengaruh motivasi belajar siswa terhadap hasil belajar kognitif siswa. Desain penelitiannya mengambil dua kelas, diantaranya kelas eksperimen dan kontrol. Kelas eksperimen menggunakan model STAD sedangkan kelas kontrol menggunakan model direct instruction. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motivasi belajar siswa menggunakan model pembelajaran STAD mampu meningkatkan motivasi belajar siswa, hal ini terlihat dari hasil pengolahan data dengan uji n-gain sebesar 0,43 dengan kategori sedang. Model pembelajaran STAD juga mampu meningkatkan hasil belajar kognitif siswa dengan hasil pengolahan uji N-Gain sebesar 0,59 dengan kategori sedang. Motivasi belajar siswa berpengaruh terhadap hasil belajar kognitif siswa yang artinya pengaruh positif dan signifikan. Motivasi belajar berpengaruh positif terhadap hasil belajar kognitif siswa namun dalam penelitian ini hanya sedikit pengaruhnya. Hal ini terlihat dari analisis pengolahan data dengan uji regresi sederhana yaitu diperoleh koefisien determinasi sebesar 26,7%. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu dengan penggunaan model STAD dapat meningkatkan motivasi belajar dan hasil belajar siswa. Motivasi belajar dinyatakan berpengaruh terhadap hasil belajar siswa. Peneliti menyarankan bagi peneliti selanjutnya agar dapat mencari faktor lain yang dapat mempengaruhi motivasi belajar sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa.
57-UN57.U1-SI-VIII-2023 | IPA HIL I 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain