Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN BUKU SAKU IPA TERINTEGRASI PBLSTEM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP
ABSTRAK
Kinasih, Putri Sekar. 2023. “Pengembangan Buku Saku IPA Terintegrasi PBLSTEM untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Dr. Siswanto, M.Pd.
Kata Kunci : Buku Saku, Model Pembelajaran PBL, Pendekatan STEM, KPM
Kemampuan Pemecahan Masalah (KPM) adalah keterampilan penting dalam menyelesaikan masalah dengan menggunakan metode atau strategi yang logis dan sistematis dalam mencapai tujuan. Berdasarkan hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa yang dilakukan di kelas VIII SMP Negeri 2 Dukun menunjukkan KPM yang masih rendah. Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang menekankan siswa terlibat secara aktif untuk memecahkan masalah melalui serangkaian tahapan metode ilmiah. Selain itu, pendekatan STEM juga dipercaya mampu menumbuhkan kemampuan pemecahan masalah. Implementasi model PBL-STEM dalam pembelajaran dapat menggunakan bahan ajar yang relevan yaitu Buku Saku. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, keefektifan dan tingkat kepraktisan Buku Saku sebagai suplemen pembelajaran IPA terintegrasi PBL- STEM terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa SMP. Metode yang digunakan adalah Research and Development menggunakan model ADDIE. Validasi Buku Saku terintegrasi PBL-STEM dilakukan oleh tiga orang ahli dan uji reliabilitasnya dilakukan oleh 26 siswa. Buku Saku terintegrasi PBL-STEM diimplementasikan dengan desain one group pretest-posttets menggunakan teknik purposive sampling. Subjek penelitian berjumlah 21 siswa kelas VIII. Uji kepraktisan Buku Saku terintegrasi PBL-STEM dilakukan oleh guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji kevalidan produk dinyatakan valid dan dapat digunakan dengan persentase 89 oleh ahli. Uji keefektifan dilakukan dengan uji t, uji n-gain dan uji effect size. Uji-t sebesar 0,16 yang menunjukkan adanya perbedaan rata-rata nilai pretest dan posttest, N-Gain sebesar 0,63 dengan katagori sedang dan hasil effect size sebesar 2,69 dengan kriteria tinggi. Selanjutnya hasil rata-rata uji kepraktisan guru sebesar 85% dan siswa sebesar 88%. Kesimpulan penelitian ini layak digunakan, efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah serta sangat praktis diimplementasikan dalam kegiatan pembelajaran.
56-UN57.U1-SI-VIII-2023 | IPA KIN P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain