Text
SKRIPSI IDENTIFIKASI MISKONSEPSI SISWA PADA MATERI KLASIFIKASI MAKHLUK HIDUP MENGGUNAKAN FOUR-TIER DIAGNOSTIC TEST DI SMP N 5 MAGELANG
ABSTRAK
Lusiana, Varshandila Widha. 2023. “Identifikasi Miskonsepsi Siswa Pada Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Menggunakan Four-Tier Diagnostic Test di SMP N 5 Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Rina Rahayu, S.Pd., M.Pd.
Ilmu Pengetahuan Alam tersusun atas pengetahuan dan konsep yang harus dipahami oleh siswa. Konsep yang salah di awal pembelajaran akan berdampak pada konsep selanjutnya. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena di sekolah yaitu penguasaan konsep siswa yang rendah, siswa kesulitan dalam memahami materi klasifikasi makhluk hidup karena struktur materi yang luas, sehingga kurang termotivasi untuk belajar dan hasil belajar belum memenuhi KKM.
Miskonsepsi akan mempengaruhi konsep lain yang saling berkaitan. Oleh karena itu, perlu adanya tindakan untuk mendeteksi terjadinya miskonsepsi. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menganalisis miskonsepsi yang terjadi pada siswa materi klasifikasi makhluk hidup, (2) menganalisis faktor penyebab terjadinya miskonsepsi pada siswa kelas VII terhadap materi klasifikasi makhluk hidup di SMP N 5 Magelang.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan desain penelitian studi kasus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas VII SMP Negeri 5 Magelang tahun pelajaran 2022/2023. Data diperoleh dari instrumen four-tier diagnostic test berbantuan Certainty Of Response Index dan wawancara kepada siswa, guru, dan ahli materi. Hasil penelitian kemudian dianalisis.
Hasil penelitian menunjukkan (1) Miskonsepsi yang terjadi pada siswa diperoleh presentase sebesar 31% kategori miskonsepsi sedang. Pada tingkat ini individu memiliki pemahaman dasar tentang beberapa konsep, akan tetapi siswa juga memiliki beberapa konsep yang salah. Miskonsepsi tertinggi mengenai konsep materi pengklasifikasian hewan vertebrata dengan presentase 34,8% kategori miskonsepsi sedang dan miskonsepsi terendah mengenai konsep materi ciri-ciri makhluk hidup dengan presentase sebesar 16,2% kategori miskonsepsi rendah, (2) Faktor penyebab terjadinya miskonsepsi pada siswa disebabkan oleh materi yang luas dan rumit karena istilah asing, siswa itu sendiri, guru bukan lulusan bidangnya, buku teks dan cara mengajar.
Kata Kunci : Miskonsepsi, Four-Tier Diagnostic Test, Certainty Of Response Index (CRI) Klasifikasi Makhluk Hidup
55-UN57.U1-SI-VIII-2023 | IPA LUS I 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain