Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING DENGAN EKSPERIMEN RIIL DI LABORATORIUM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS VIII
ABSTRAK
Febrianti, Nabila Auliana. 2023. “Pengaruh Penerapan Model Project Based Learning Pada Eksperimen Riil di Laboratorium Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas VIII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Pembimbing I Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, M.Pd.
Kata Kunci: project based learning, kemampuan berpikir kritis, eksperimen riil
Perkembangan IPTEK dan Sains pada pendidikan abad 21 memerlukan keterampilan The 4Cs salah satunya critical thinking. Menurut hasil PISA tahun 2018 kemampuan berpikir kritis siswa Indonesia tergolong rendah. Faktor yang mempengaruhi yaitu kurangnya literasi sains. Literasi sains dapat mempengaruhi kemampuan berpikir kritis karena indikatornya fokus pada pengetahuan dan keterampilan ilmiah. Berdasarkan hasil studi pendahuluan, permasalahan tersebut terjadi di SMP Negeri 5 Magelang. Upaya untuk mengurangi permasalahan tersebut membutuhkan pembelajaran yang relevan dan efektif dengan menerapkan demonstrasi untuk memberikan kemudahan dalam memahami konsep sehingga kemampuan berpikir kritis dapat meningkat. Penerapan kegiatan pembelajaran model pembelajaran project based learning pada eksperimen riil dibutuhkan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis. Tujuan penelitian ini yaitu menganalisis pengaruh penerapan model project based learning dengan kegiatan eksperimen riil di laboratorium terhadap kemampuan berpikir kritis siswa.
Desain quasy experimental dengan posttest-pretest control group design yang termasuk pendekatan penelitian kuantitatif merupakan jenis penelitian yang digunakan. Teknik purposive sampling menjadi teknik sampling pada penelitian ini. Tes tertulis dan lembar observasi berfungsi sebagai instrumen pengumpulan data pada penelitian ini. Data diperoleh berdasarkan hasil dari instrumen tes dan instrumen observasi. Hasil data dari instrumen tes akan dianalisis dengan menghitung nilai pretest dan posttest, uji signifikansi, uji t, dan uji N Gain. Data yang diperoleh dari instrumen observasi dianalisis dengan menghitung presentase keterlaksanaan pembelajaran.
Berdasarkan hasil penelitian, uji independent sample t-test menunjukkan adanya perbedaan nilai rata-rata hasil pretest dan posttest antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Hasil uji paired sample t-tes menunjukkan bahwa model pembelajaran yang digunakan dalam penelitian memberikan pengaruh yaitu kemampuan berpikir kritis siswa dapat ditingkatkan dengan menggunakan model project based learning dalam eksperimen riil.
54-UN57.U1-SI-VIII-2023 | IPA FEB P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain