Text
SKRIPSI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TEAMS GAMES TOURNAMENTS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN KOLABORASI PADA MATA PELAJARAN IPA
ABSTRAK
Arifah, Dea Safitri. 2023. “Implementasi Model Pembelajaran Teams Games Tournament Utuk Meningkatkan Keterampilan Kolaborasi Pada Mata Pelajaran IPA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Keterampilan Kolaborasi, TGT, IPA.
Keterampilan kolaborasi sangat penting untuk ditingkatkan pada siswa. Namun masih terdapat kendala yang melemahkan keterampilan kolaborasi siswa. Oleh karena itu, penelitian ini memberikan solusi dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPA. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan desain non-equivalent control group. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kolaborasi siswa pada mata pelajaran IPA kelas VIII di SMP Negeri 2 Mertoyudan serta mengetahui apakah terdapat pengaruh dari penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) pada mata pelajaran IPA. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini dibagi menjadi dua kelas (eksperimen dan kontrol) dengan jumlah siswa sebanyak 30 orang pada setiap kelas. Instrumen penelitian ini berupa lembar observasi yang terlebih dahulu telah dilakukan uji validitasnya oleh para ahli. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan uji independent sample t-test dan uji N-Gain. Berdasarkan hasil data yang dihitung, diperoleh nilai uji t sebesar 0,001 yang berarti bahwa nilai < 0,05 dapat dikatakan bahwa penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan hasil nilai postes siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol apabila menggunakan model pembelajaran TGT. Besar kecilnya pengaruh pada penelitian ini tergolong dalam kategori sedang dengan perhitungan uji N-Gain sebesar 0,34 pada kelas eksperimen dan pada kategori rendah dengan nilai 0,17 pada kelas kontrol. Oleh karena itu, dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) terbukti dapat meningkatkan keterampilan kolaborasi pada mata pelajaran IPA.
71-UN57.U1-SI-VIII-2023 | IPA ARI I 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain