Text
SKRIPSI ANALISIS UPAYA GURU IPA DALAM MENCIPTAKAN MINAT DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN IPA MASA PANDEMI COVID-19 DI SMP N 1 MIRIT
ABSTRAK
Aziz, M. Ali. (2023). Analisis Upaya Guru IPA dalam Menciptakan Minat dan Motivasi Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPA Masa Pandemi Covid-19 di SMP N 1 Mirit. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci : Upaya Guru, Minat, Motivasi, Pembelajaran Daring
Pandemi Covid-19 mengubah sistem pembelajaran tatap muka menjadi pembelajaran daring. Penerapan sistem pembelajaran daring menimbulkan masalah terkait menurunnya minat dan motivasi belajar peserta didik akibat sulitnya kontrol guru terhadap kegiatan pembelajaran. Peran guru diperlukan untuk menciptakan minat dan motivasi belajar peserta didik di masa pandemi Covid-19.
Kegiatan penelitian dilakukan pada pembelajaran IPA secara daring di SMP N 1 Mirit. Tujuan dari penelitian ini yaitu : (1) Mengetahui berbagai upaya guru IPA dalam menciptakan minat dan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPA masa pandemi Covid-19 di SMP Negeri 1 Mirit, (2) Mengetahui faktor penghambat upaya guru IPA dalam menciptakan minat dan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPA masa pandemi Covid-19 di SMP N 1 Mirit.
Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini merupakan pendekatan kualitatif dengan analisis deskriptif. Analisis deskriptif dalam penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan upaya guru IPA dalam menciptakan minat dan motivasi belajar peserta didik di SMP N 1 Mirit pada pembelajaran IPA selama masa pandemi Covid-19 dan faktor-faktor yang menghambatnya. Teknik yang digunakan adalah teknik survei dengan melakukan wawancara terstruktur dan observasi.
Hasil yang diperoleh pada penelitian ini yaitu guru IPA melakukan berbagai upaya untuk menciptakan menciptakan minat dan motivasi belajar peserta didik pada pembelajaran IPA secara daring dengan menyediakan pembelajaran yang menarik, interaktif, dan efisien melalui penggunaan sarana dan prasarana pembelajaran, pengunaan metode belajar yang baik oleh guru, perencanaan pengajaran, pelaksanaan pembelajaran, pengelolaan kelas, dan evaluasi pembelajaran untuk mengoptimalkan interaksi belajar dengan peserta didik, menciptakan pembelajaran yang menarik, memberikan motivasi belajar, serta mengupayakan pengembangan pembelajaran IPA secara daring. Adapun faktor yang menghambat upaya guru IPA dalam menciptakan minat dan motivasi peserta didik meliputi sarana pembelajaran yang kurang memadahi, keterbatasan dalam mengembangkan metode pembelajaran, kesulitan dalam manajemen waktu, bertambahnya beban pekerjaan guru, dan keterbatasan kontrol terhadap peserta didik.
70-UN57.U1-SI-VIII-2023 | IPA AZI A 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain