Text
SKRIPSI PENGARUH MEDIA SIMULASI PHET PADA TEMA CAHAYA TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS SISWA
ABSTRAK
Iffati,Nadiyah.2023.˝ Pengaruh Media Simulasi PhET pada Tema Cahaya terhadap Keterampilan Proses Sains Siswa˝. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Nuryunita Dewantari, S.Pd.,M.Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, S.Pd.,M.Pd
Kata Kunci: media simulasi PhET, Tema Cahaya, Keterampilan Proses Sains
Kemampuan siswa dalam menerapkan suatu metode ilmiah dengan konsep maupun teori serta prinsip hukum dan fakta dalam memahami, mengembangkan ilmu pengetahuan dinamakan keterampilan proses sains. Keterampilan ini sangat penting dalam mencapai sebuah tujuan pembelajaran. Akan tetapi, hasil studi lapangan menunjukkan rendahnya keterampilan proses sains pada siswa, hal ini terjadi karena materi cahaya dan alat optik pada tema cahaya yang bersifat abstrak dan sulit dimengerti.
Kegiatan untuk meningkatkan keterampilan proses sains siswa adalah dengan dilakukannya sebuah praktikum. Oleh sebab itu, pada penelitian ini memanfaatkan media simulasi PhET untuk melakukan praktikum pada tema cahaya yang bersifat abstrak dan sulit dimengerti, dengan tujuan untuk melihat ada dan tidaknya pengaruh terhadap peningkatan keterampilan proses sains siswa.
Desain penelitian yang digunakan adalah dengan menggunakan quasi ekperimental dengan the non equivalent group design. Jumlah subjek pada penelitian ini adalah 60 siswa, dimana 30 siswa dari kelas VIII B dan 30 siswa dari kelas VIII C di SMP Negri 8 Magelang. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data yaitu berupa pre-test dan post-test. Teknis analisis data yang digunakan pada penelitian berupa uji prasyarat, uji hipotesis dan uji N-gain.
Hasil uji prayarat menunjukkan bahwa data tidak berdistribusi normal dan tidak homogen, sehingga pada uji hipotesis menggunakan Uji Mann Whitney dengan hasil 0,015 < 0,05 dapat diartikan bahwa media simulasi PhET berpengaruh terhadap keterampilan proses sains siswa. Pada uji N-gain pada kelas eksperimen menunjukan hasil 0,7149 dengan indikator tinggi dan pada kelas kontrol menunjukan hasil 0,5369 dengan indikator sedang.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu terdapat pengaruh media simulasi PhET pada tema cahaya terhadap keterampilan proses sains siswa. Penelitian ini hanya mengukur keterampilan proses sains dasar, sehingga untuk penelitian selanjutnya dapat mengukur keterampilan proses sains terintegrasi.
68-UN57.U1-SI-VIII-2023 | IPA IFF P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain