Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS AKTIVITAS PEMECAHAN MASALAH MATERI SISTEM PERNAPASAN UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS SISWA SMP
ABSTRAK
Arini, Alifia Dwi. 2023. “Pengembangan LKPD Berbasis Aktivitas Pemecahan Masalah Pada Materi Sistem Pernapasan untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Siswanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: LKPD, Sistem Pernapasan, Keterampilan Berpikir Kritis
Keterampilan berpikir kritis (critical thinking) sangat diperlukan bagi siswa pada era abad 21 ini. Berpikir kritis diperlukan dalam kegiatan pembelajaran untuk memecahkan suatu permasalahan. Berdasarkan tes awal yang dilakukan di SMP Negeri 3 Muntilan terdapat permasalahan bahwa keterampilan berpikir kritis siswa masih rendah karena belum adanya LKPD yang menunjang keterampilan berpikir krtitis siswa. Keterampilan berpikir kritis dapat dilatihkan melalui aktivitas pemecahan masalah. Sehingga perlu dikembangkannya LKPD yang memuat aktivitas pemecahan masalah dengan tampilan menarik. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan LKPD berbasis aktivitas pemecahan masalah pada materi sistem pernapasan manusia untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, mengetahui validitas, efektivitas, dan mengetahui respon guru dan siswa terhadap LKPD yang dikembangkan. Jenis penelitian ini yaitu penelitian pengembangan yang menggunakan model ADDIE, yang terdiri dari analysis (menganalisis), design (merancang), develop (mengembangkan), implement (mengimplementasikan), evaluate (mengevaluasi). Kelayakan LKPD dilakukan oleh empat orang ahli. Implementasi LKPD dilakukan menggunakan desain one group pretest-posttest. Subjek penelitian berjumlah 21 siswa kelas IX dan 30 siswa kelas VIII D. Hasil penelitian kelayakan LKPD oleh ahli menghasilkan persentase 87,8% dengan kategori valid dan layak digunakan. Efektivitas LKPD diperoleh dari nilai pretest-posttest dengan perolehan N-Gain sebesar 0,64 dengan kategori sedang. Respon terhadap penggunaan LKPD menghasilkan respon positif dengan persentase 87% oleh guru dan 85% oleh siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa LKPD berbasis aktivitas pemecahan masalah materi sistem pernapasan layak digunakan, efektif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis, dan memperoleh respon positif dari guru dan siswa.
67-UN57.U1-SI-VIII-2023 | IPA ARI P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain