Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS PENDEKATAN KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA
ABSTRAK
Daniati, D.W. 2023. “Pengembangan E-Modul Berbasis Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa”. Skripsi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: E-Modul, Pendekatan Kontekstual, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis
Penelitian ini mengenai pengembangan bahan ajar elektronik modul (E-Modul) melalui basis pendekatan kontekstual guna menambah kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dalam materi bangun ruang sisi datar kelas VIII. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 2 Grabag. Bahan ajar yang dipakai perlu mempergunakan kemajuan teknologi supaya cukup praktis dipakai pada pembelajaran. Kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang rendah dimana didasarkan dalam tes awal kemampuan pemahaman konsep matematis perlu ditingkatkan. Minimnya sejumlah materi yang berhubungan kuat pada hidup keseharian menjadikan kurangnya minat siswa belajar matematika sebab siswa meyakini bila matematika tidak bermanfaat pada kehidupan.
Berdasarkan dari latar belakang, ditetapkan tujuan penelitian yakni guna mengembangkan e-modul berbasis pendekatan kontekstual untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang valid, praktis, serta efektif dipakai pada tahap berjalannya pembelajaran. Penelitian ini memakai model penelitian 4D. Tahapan penelitian model 4D mempunyai empat tahap yakni Define, Design, Development, serta Disseminate. Penelitian ini dilaksanakan di kelas VIII B menjadi kelas eksperimen serta kelas VIII C menjadi kelas kontrol.
Temuan penelitian ini berupa e-modul berbasis pendekatan kontekstual yang sangat valid mengacu penilaian dari tiga validator ahli materi serta tiga validator ahli media melalui rerata skor 88,3%. E-modul berbasis pendekatan kontekstual pula mencukupi syarat sangat praktis mengacu dari respon siswa pada rerata skor 82,33% serta mencukupi kriteria sangat praktis mengacu dari respon guru pada skor 100%. Berikutnya e-modul disebut efektif meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa melalui hasil uji keefektifan n-gain dengan skor 0,615 pada kriteria sedang.
Berdasarkan dari temuan penelitian, maka e-modul berbasis pendekatan kontekstual yang dikembangkan mencukupi syarat valid, praktis, serta efektif guna meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. E-modul ini bisa dipakai dalam tahap berjalannya pembelajaran.
52-UN57.U1-SPM-VIII-2023 | MATEMATIKA DAN P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain