PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL (LAGU MATEMATIKA BERNADA RELIGI) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII MTs

TAHLIATUL ALMUKHOLANI - Nama Orang;

ABSTRAK
Almukholani, T. 2023. “Pengembangan Media Audiovisual (Lagu Matematika Bernada Religi) pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII MTs”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Yesi Franita, S.Si., M.Sc.
Kata Kunci: Bangun Ruang Sisi Datar, Kemampuan Pemahaman Konsep, Lagu Matematika, Media Audiovisual
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit serta membosankan. Kurangnya pemahaman konsep siswa menjadi akibat dari asumsi siswa terkait sulitnya pelajaran matematika. Pernyataan tersebut didukung oleh data tes kemampuan awal pemahaman konsep siswa di MTs GUPPI Ambal yang menyatakan bahwa rata-rata nilai dari 48 siswa adalah 66,82 yakni berada pada kategori cukup. Rata-rata tersebut masih cenderung kurang menurut salah satu guru matematika. Hal ini menjadi tantangan bagi seorang guru untuk berinovasi dalam pembelajaran, seperti halnya memanfaatkan media pembelajaran yang dapat mempermudah siswa dalam mengingat rumus dan mejadikan pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media audiovisual (lagu matematika bernada religi) pada materi bangun ruang sisi datar untuk menunjang kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII MTs GUPPI Ambal tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analyze, design, development, implement, and evaluation. Instrumen pengambilan data pada penelitian ini berupa lembar wawancara, lembar observasi, instrumen angket, serta instrumen tes. Kemudian, penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen, yaitu the nonequivalent posttest-only control group desain. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini berupa analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media audiovisual (lagu matematika bernada religi). Analisis kevalidan dilakukan dengan menganalisis hasil penilaian validasi oleh dua validator ahli materi dan dua validator ahli media. Analisis kepraktisan dilakukan dengan menganalisis hasil angket kepraktisan media. Sedangkan Analisis keefektifan dilakukan dengan membandingkan nilai post test kelas kontrol dan kelas eksperimen, yang kemudian dilakukan uji prasyarat dan uji perbedaan dua rata-rata. Uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis data dihasilkan bahwa kelas kontrol berdisrtribusi normal sedangkan kelas eksperimen tidak berdistribusi normal. Kemudian uji homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelas tidak homogen. Karena salah satu kelas tidak berdistribusi normal dan kedua kelas tidak homogen maka dilakukan uji Mann Whitney U. Kemudian karena sampel lebih dari 20 maka dilakukan uji statistik Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan persentase 88,57%. Media pada kategori sangat praktis dengan persentase 90,48%. Kemudian, media memenuhi aspek efektif dengan adanya perbedaan kemampuan pemahaman konsep yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen (rata-rata nilai post test kelas kontrol sebesar 64,78 dan kelas eksperimen sebesar 84,35). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media audiovisual (lagu matematika bernada religi) pada materi bangun ruang sisi datar untuk menunjang kemampuan pemahaman konsep siswa telah memenuhi aspek kevalidan dengan kategori sangat valid, aspek kepraktisan dengan kategori sangat praktis, dan aspek efektif karena kemampuan pemahaman konsep siswa yang mendapat pembelajaran dengan berbantuan media audiovisual (lagu matematika bernada religi) lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran langsung tanpa media pembelajaran.


Ketersediaan
54-UN57.U1-SPM-VIII-2023MATEMATIKA ALM P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA ALM P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIX;316HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik