Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA AUDIOVISUAL (LAGU MATEMATIKA BERNADA RELIGI) PADA MATERI BANGUN RUANG SISI DATAR TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA KELAS VIII MTs
ABSTRAK
Almukholani, T. 2023. “Pengembangan Media Audiovisual (Lagu Matematika Bernada Religi) pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Siswa Kelas VIII MTs”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Yesi Franita, S.Si., M.Sc.
Kata Kunci: Bangun Ruang Sisi Datar, Kemampuan Pemahaman Konsep, Lagu Matematika, Media Audiovisual
Matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang dianggap sulit serta membosankan. Kurangnya pemahaman konsep siswa menjadi akibat dari asumsi siswa terkait sulitnya pelajaran matematika. Pernyataan tersebut didukung oleh data tes kemampuan awal pemahaman konsep siswa di MTs GUPPI Ambal yang menyatakan bahwa rata-rata nilai dari 48 siswa adalah 66,82 yakni berada pada kategori cukup. Rata-rata tersebut masih cenderung kurang menurut salah satu guru matematika. Hal ini menjadi tantangan bagi seorang guru untuk berinovasi dalam pembelajaran, seperti halnya memanfaatkan media pembelajaran yang dapat mempermudah siswa dalam mengingat rumus dan mejadikan pembelajaran yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan dari media audiovisual (lagu matematika bernada religi) pada materi bangun ruang sisi datar untuk menunjang kemampuan pemahaman konsep siswa kelas VIII MTs GUPPI Ambal tahun ajaran 2022/2023. Pengambilan sampel pada penelitian ini yaitu menggunakan teknik cluster random sampling. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan, yaitu analyze, design, development, implement, and evaluation. Instrumen pengambilan data pada penelitian ini berupa lembar wawancara, lembar observasi, instrumen angket, serta instrumen tes. Kemudian, penelitian ini menggunakan kuasi eksperimen, yaitu the nonequivalent posttest-only control group desain. Analisis yang dilakukan dalam penelitian ini berupa analisis kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media audiovisual (lagu matematika bernada religi). Analisis kevalidan dilakukan dengan menganalisis hasil penilaian validasi oleh dua validator ahli materi dan dua validator ahli media. Analisis kepraktisan dilakukan dengan menganalisis hasil angket kepraktisan media. Sedangkan Analisis keefektifan dilakukan dengan membandingkan nilai post test kelas kontrol dan kelas eksperimen, yang kemudian dilakukan uji prasyarat dan uji perbedaan dua rata-rata. Uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas. Berdasarkan analisis data dihasilkan bahwa kelas kontrol berdisrtribusi normal sedangkan kelas eksperimen tidak berdistribusi normal. Kemudian uji homogenitas menunjukkan bahwa kedua kelas tidak homogen. Karena salah satu kelas tidak berdistribusi normal dan kedua kelas tidak homogen maka dilakukan uji Mann Whitney U. Kemudian karena sampel lebih dari 20 maka dilakukan uji statistik Z. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media yang dikembangkan berada pada kategori sangat valid dengan persentase 88,57%. Media pada kategori sangat praktis dengan persentase 90,48%. Kemudian, media memenuhi aspek efektif dengan adanya perbedaan kemampuan pemahaman konsep yang signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen (rata-rata nilai post test kelas kontrol sebesar 64,78 dan kelas eksperimen sebesar 84,35). Sehingga dapat disimpulkan bahwa media audiovisual (lagu matematika bernada religi) pada materi bangun ruang sisi datar untuk menunjang kemampuan pemahaman konsep siswa telah memenuhi aspek kevalidan dengan kategori sangat valid, aspek kepraktisan dengan kategori sangat praktis, dan aspek efektif karena kemampuan pemahaman konsep siswa yang mendapat pembelajaran dengan berbantuan media audiovisual (lagu matematika bernada religi) lebih baik dari siswa yang memperoleh pembelajaran langsung tanpa media pembelajaran.
54-UN57.U1-SPM-VIII-2023 | MATEMATIKA ALM P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain