Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TIPE PEER INSTRUCTION FLIPPED DENGAN VIDEO INTERAKTIF TERHADAP KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII
ABSTRAK
Indriani, Reza. 2023. Efektivitas Model Pembelajaran Flipped Classroom tipe Peer Instruction Flipped dengan Video Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, M.Pd., Pembimbing II Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc.
Kata kunci: Model Pembelajaran Flipped Classroom tipe Peer Instruction Flipped, Video Interaktif, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis.
Kemampuan pemahaman konsep adalah penguasaan sejumlah materi pelajaran, dimana siswa tidak hanya tahu serta memahaminya, namun bisa menyampaikan kembali konsep dalam bentuk yang cenderung mudah dipahami serta bisa mengaplikasikannya. Siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Tegalrejo Tahun Ajaran 2022/2023 kemampuan pemahaman konsep matematis siswanya cenderung termasuk kurang.
Salah satu alternatif yang bisa dipakai untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis yakni dengan menggunakan model pembelajaran yang bisa memberikan ruang gerak yang sesuai bagi siswa dalam mengembangkan segala potensi serta ketrampilan yang dimiliki oleh siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis ketuntasan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan memakai model pembelajaran Flipped Classroom tipe Peer Instruction Flipped dengan video interaktif serta mengamati seberapa efisien model Pembelajaran Flipped Classroom tipe Peer Instruction flipped dengan video interaktif dikomparasikan pada model pembelajaran langsung bagi kemampuan pemahaman konsep matematis siswa.
Pendekatan penelitian ini secara kuantitatif dengan posttest only control design. Populasi penelitian ini yakni semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tegalrejo, sementara sampel dipilih dengan cluster random sampling dimana terpilih kelas VIII A serta VIII B menjadi sampel. Data penelitian dikumpulkan dengan tes kemampuan pemahaman konsep matematis berupa posttest. Berikutnya data diidentifikasi dengan uji ketuntasan yakni uji statistik z serta uji independent sampel t-test.
Hasil penelitian menampilkan bahwa 1) Hasil uji ketuntasan belajar siswa yang diajarkan memakai model pembelajaran Flipped Classroom tipe Peer Instruction Flipped dengan video interaktif meraih ketuntasan belajar. 2) Model pembelajaran Flipped Classroom tipe Peer Instruction Flipped dengan video interaktif lebih efektif untuk meningkatkan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dibanding model pembelajaran langsung.
Mengacu dari hasil penelitian, maka model pembelajaran Flipped Classroom tipe Peer Instruction Flipped dengan video interaktif bisa digunakan sebagai masukan maupun pertimbangan dalam proses pembelajaran terhadap kemampuan pemahaman konsep matematis siswa. Selain itu bisa memberikan tambahan wawasan bagi perkembangan ilmu pengetahuan terutama pada Lembaga Pendidikan.
53-UN57.U1-SPM-VIII-2023 | MATEMATIKA IND E 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain