PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS REALISTIC MATHEMATICS EDUCATION UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIS SISWA KELAS VIII

NUR AFIFAH - Nama Orang;

ABSTRAK
Afifah, Nur. 2023. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbasis Realistic Mathematics Education untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Fadhilah Rahmawati, M.Pd., Pembimbing II Yesi Franita, M.Sc.
Kata kunci: Bangun Ruang Sisi Datar, Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis, Model PBL Berbasis RME.
Kemampuan pemahaman konsep matematis merupakan kemampuan yang sangat penting dikuasai siswa agar tidak mengalami kesulitan saat menghadapi konsep yang akan dipelajari pada materi selanjutnya. Berdasarkan hasil tes kemampuan awal siswa kelas VIII SMP N 1 Tegalrejo tahun ajaran 2022/2023 memiliki kemampuan pemahaman konsep matematis yang rendah, sehingga ditemukan model dan pendekatan yang dapat digunakan untuk meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa yaitu dengan menggunakan model Problem Based Learning (PBL) berbasis Realistic Mathematicss Education (RME).
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunaan model PBL berbasis RME dibandingkan dengan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis kemampuan pemahaman konsep matematis siswa setelah diajar menggunakan model PBL berbasis RME dibandingkan dengan sebelum diajar menggunakan model PBL berbasis RME. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajarkan dengan menggunakan model PBL berbasis RME.
Metode penelitian ini secara kuantitatif melalui nonequivalent pretest-posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah semua siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Tegalrejo, sedangkan sampel dipilih melalui cluster random sampling Data penelitian dikumpulkan melalui tes kemampuan pemahaman konsep matematis dalam bentuk pretest dan posttest. Selanjutnya data dianalisis melalui SPSS dengan uji independent sample t-test, uji paired sample t-test dan uji N-Gain.
Uji independent sample t-test menunjukkan bahwasanya nilai Sig(2-tailed) ialah 0,000. Yang artinya kemampuan pemahaman konsep matematis yang diajarkan menggunakan model PBL berbasis RME lebih baik daripada siswa yang diajarkan menggunakan model pembelajaran langsung. Uji paired sample t-test menunjukkan nilai Sig(2-tailed) = 0,000. Artinya terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa kelas eksperimen. Uji N-Gain kelas eksperimen menunjukkan bahwa hasil uji N-Gain besarnya 0,71, dimana nilai tersebut berada pada kategori tinggi.
Berdasarkan hal tersebut, diperoleh kesimpulan bahwa: 1) kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar menggunakan model PBL berbasis RME lebih baik dibandingkan siswa yang diajarkan dengan model pembelajaran langsung; 2) kemampuan pemahaman konsep maematis siswa setelah diajar menggunakan model PBL berbasis RME lebih baik daripada sebelum diajar menggunakan model PBL berbasis RME; 3) terdapat peningkatan kemampuan pemahaman konsep matematis siswa yang diajar dengan model PBL berbasis RME dengan skor N-Gain sebesar 0,71 dan berada pada kategori tinggi.


Ketersediaan
57-UN57.U1-SPM-VIII-2023MATEMATIKA AFI P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA AFI P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XVIII;189HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik