Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL TAPPS (THINKING ALOUD PAIR PROBLEM SOLVING) DAN STAD (STUDENT TEAM ACHIEVEMENT DIVISION) TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS IX
ABSTRAK
Nurunnisa, Nadia. 2023. “Efektivitas Model TAPPS (Thinking Aloud Pair Problem Solving) dan STAD (Student Team Achievement Division) terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Peserta Didik Kelas IX”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Aprilia Nurul Chasanah, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Kemampuan Berpikir Kritis Matematis; Model STAD; Model TAPPS
Kemampuan yang harus dikuasi peserta didik dalam pembelajaran matematika salah satunya yakni kemampuan berpikir kritis matematis. Kemampuan berpikir kritis matematis akan meningkatkan keterampilan peserta didik dalam menyelesaikan persoalan, memunculkan berbagai masalah inovatif serta menyusun pemecahan yang tepat, serta dapat mengembangkan pola pikir peserta didik melalui pembuktian yang dapat diterima juga akurat. Hasil tes awal menunjukkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik kelas IX MTs Negeri 2 Kota Magelang masih rendah. Jadi, diperlukan model pembelajaran yang dapat menumbuhkan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik, di antara model TAPPS dan STAD.
Penelitian dimaksudkan guna menganalisis ketuntasan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model TAPPS, menganalisis ketuntasan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model STAD, dan menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang lebih baik antara peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model TAPPS dibandingkan peserta didik yang mengikuti pembelajaran dengan menerapkan model STAD.
Quasi experiment design merupakan jenis penelitian yang digunakan, dengan pre-test-post-test non equivalent control group design. Pengambilan sampel secara acak dengan teknik cluster random sampling. Kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas IX B dan kelas IX C sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi awal, lembar observasi keterlaksanaan model pembelajaran, pedoman wawancara, lembar validasi, dan tes kemampuan berpikir kritis matematis. ...
56-UN57.U1-SPM-VIII-2023 | MATEMATIKA NUR E 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain