PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI UNTUK MENINGKATKAN LITERASI SAINS SISWA SMP

SHAFIRA KARTIKA PUTRI - Nama Orang;

ABSTRAK
Putri, Shafira Kartika (2023).”Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Dr. Siswanto, S. Pd., M. Pd. Model pembelajaran berbasis inkuiri merupakan serangkaian pembelajaran sains yang memecahkan dan mendapatkan jawaban dari suatu masalah (Kholifah, 2020). Lahadisi (2014) berpendapat bahwa pembelajaran berbasis inkuiri dilaksanakan dengan membuka peluang kepada siswa untuk mendapatkan dan memecahkan masalah berdasarkan informasi yang diterima. Pada pembelajaran berbasis inkuiri, siswa sebagai subjek belajar dan seluruh aktivitas siswa bertujuan untuk melacak dan menemukan sendiri jawaban atas suatu pertanyaan merupakan ciri-ciri dari pembelajaran inkuiri menurut Hilman (2014). Penelitian ini termaksud untuk mengkaji mengenai kenaikan dan efektifitas penggunaan model pembelajaran inkuiri pada kemampuan literasi sains siswa SMP. Penelitian dilakukan dengan menggunakan penelitian kuantitatif jenis kuasi eksperimen dalam bentuk Non-equivalent Control Group Design. Seluruh siswa kelas VII di SMP N 2 Mertoyudan adalah sebagai populasi penelitian dan sampel penelitian untuk kelas eksperimen adalah kelas VII A serta kelas VII D sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes tertulis pretest dan posttest sebanyak 5 soal yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Independent sample T-Test memperoleh hasil 0,011 < 0,05 artinya terdapat selisih hasil literasi sains pada kedua kelas. N-gain pada kelas eksperimen sebesar 0,4235 dengan tingkatan sedang dan kelas kontrol sebesar 0,2771 dengan tingkatan rendah. Uji effect size bernilai sebesar 0,65 dengan kategori sedang. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model pembelajaran inkuiri dinilai cukup mampu dan efektif dalam meningkatkan literasi sains siswa SMP. Kata Kunci: model pembelajaran, inkuiri, literasi sains


Ketersediaan
75-UN57.U1-SI-VIII-2023IPA PUT P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA PUT P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIV;108HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik