Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN RMS (READING, MIND MAPPING, AND SHARING) TERHADAP PENGUASAAN KONSEP IPA SISWA SMP
ABSTRAK
Khareza. 2023. “Keefektifan Model Pembelajaran RMS (Reading, Mind Mapping, and Sharing) terhadap Penguasaan Konsep IPA SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Dr. Siswanto, S.Pd., M.Pd.
Penguasaan konsep dimaknai sebagai kemampuan seseorang dalam menguasai artisecara ilmiah beserta aplikasinya. Penguasaan konsep memudahkan siswa dalam menyerap, memahami, dan menyimpan konsep yang diperolehnya dari kegiatan pembelajaran dengan jangka waktu yang relatif lama. Pentingnya penguasaan konsep IPA bertolak belakang dengan fakta yang ada. Salah satu model pembelajaran yang mampu memberikan kebermaknaan dalam memberikan penguasaan konsep adalah model pembelajaran RMS. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif kuasi eksperimen dengan Non-equivalent Control Group Design. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis keefektifan model pembelajaran RMS terhadap penguasaan konsep IPA pada topik sistem ekskresi manusia. Dalam penelitian ini, sebagai populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 Muntilan. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIIIC sebagai kelas kontrol dan kelas VIIIF sebagai kelas eksperimen. Instrumen penelitian ini berupa soal tes pilihan ganda yang memuat 15 butir soal dan telah melalui uji validitas maupun reliabilitas. Teknik analisis data memanfaatkan uji signifikansi meliputi uji Wilcoxon dan uji Mann Whitney, uji N-Gain, uji effect size, uji tingkat kesukaran soal, dan uji daya beda. Hasil analisis data diketahui bahwa hasil uji Wilcoxon untuk kelas eksperimen dan kelas kontrol antara nilai pretest maupun posttest bernilai sama sebesar 0,00 < 0,05, yang menggambarkan ada perbedaan rata-rata secara signifikan. Hasil uji Mann Whitney nilai pretest tidak menunjukkan perbedaan rata-rata signifikan karena bernilai 0,534 atau lebih besar dari 0,05, namun posttestnya bernilai 0,00 atau kurang dari 0,05 yang menunjukkan adanya perbedaan rata-rata secara signifikan. Pada uji N-Gain kelas eksperimen memiliki nilai 0,70 yang masuk keefektifan kategori tinggi sedangkan kelas kontrol bernilai 0,37 yang masuk keefektifan kategori sedang. Hasil uji effect size sebesar 1,351, artinya model pembelajaran RMS memberikan pengaruh besar dan efektif terhadap penguasaan konsep IPA siswa jenjang SMP.
Kata Kunci: penguasaan konsep, model pembelajaran RMS, ceramah
74-UN57.U1-SI-VIII-2023 | IPA KHA K 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain