Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KREATIF PESERTA DIDIK SMP
ABSTRAK
Nazdifah, Lailatun. 2023. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Project Based Learning (PjBL) untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif Peserta Didik SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Rina Rahayu, M.Pd. Pembimbing II Eli Trisnowati, M.Pd.
Kata Kunci: Berpikir Kreatif, LKPD, PjBL
Abad ke 21 mengaharuskan peserta didik untuk memiliki keterampilan 4C, salah satunya yaitu creative thinking atau berpikir kreatif. Latar belakang dilakukannya penelitian ini yaitu keterampilan berpikir kreatif peserta didik SMP N 10 Magelang masih rendah. Hal ini dikarenakan bahan ajar yang masih bersifat umum dan masih menggunakan model pembelajaran konvensional yang kurang mendukung adanya keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Oleh sebab itu, dilakukan penelitian yang berjudul pengembangan lembar kerja peserta didik berbasis project based learning (PjBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik SMP. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kevalidan LKPD berbasis project based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik, menganalisis keefektifan LKPD berbasis project based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik, menganalisis kepraktisan LKPD berbasis project based learning untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik. Penlitian ini didesain dengan menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau R&D (Research and Development). Model yang digunakan pada penelitian yaitu ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). LKPD yang dikembangkan kemudian diimplementasikan pada dua kelas yaitu kelas VIII B dan VIII C SMP N 10 Magelang dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data diperoleh melalui lembar validasi ahli, tes keterampilan berpikir kreatif, dan angket respon peserta didik. Hasil penelitian didapatkan bahwa kevalidan LKPD mendapatkan hasil 0,77 termasuk dalam kategori sedang, keefektifan LKPD memperoleh hasil 0,61 termasuk dalam kategori sedang, dan kepraktisan LKPD memperoleh hasil 82,67% termasuk dalam kategori sangat praktis. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu LKPD berbasis PjBL dinyatakan layak untuk digunakan karena telah memenuhi aspek yaitu hasil penelitian yang valid, efektif, dan praktis dalam meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik SMP. Peneliti menyarankan kepada guru dan peneliti lain untuk mengelola pembelajaran dan mengontrol kelas lebih baik lagi mengingat terdapat salah satu indikator yang masih rendah yaitu flexibility, diharapkan untuk mengelola waktu lebih efektif agar proses pembelajaran berjalan secara maksimal, dan dapat mengembangkan LKPD berbasis PjBL pada materi yang lain.
73-UN57.U1-SI-VIII-2023 | IPA NAZ P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain