PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMA N 3 MAGELANG

SYAHRUL RAMDHANI - Nama Orang;

ABSTRAK
Ramdhani, Syahrul. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA N 3 Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd., Pembimbing II Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Kemandirian Belajar Siswa , Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Perubahan Lingkungan.
Pada abad 21 siswa harus memiliki kemandirian belajar, inovasi, kebebasan belajar, keterampilan untuk menggunakan teknologi dan media informasi. Pendidikan menjadi suatu unsur penting dalam menjamin hasil belajar. Meningkatkan hasil belajar kognitif dan kemandirian belajar merupakan salah satu tuntutan untuk mewujudkan kurikulum merdeka tentang merdeka belajar. selain itu, untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan kemandirian belajar salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar kognitif dan kemandirian belajar siswa pada materi perubahan lingkungan. Selain itu, menganalisis peningkatan hasil belajar kognitif dan kemandirian belajar siswa dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) tipe the nonequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA N 3 Magelang dengan sampel yang digunakan yaitu kelas X-5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa dan kelas X-6 sebagai kelas eksperimen berjumlah 36 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis hipotesis pada nilai post-test hasil belajar kognitif siswa memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti nilai sig. < 0,05. Selain itu rata-rata nilai post-test hasil belajar kognitif siswa juga terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen memiliki rata-rata yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol. kemudian pada data kemandirian belajar siswa, diketahui hasil analisis hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti nilai sig. < 0,05. Selain itu terdapat perbedaan rata-rata nilai kemandirian belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen memiliki rata-rata kemandirian belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.
Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan kemandirian belajar siswa dalam mempelajari materi perubahan lingkungan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, terdapat pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap peningkatan hasil belajar kognitif dan kemandirian belajar siswa setelah penggunaan model pembelajaran Reciprocal Teaching yang diberikan kepada kelas eksperimen siswa kelas X SMA Negeri 3 Magelang.


Ketersediaan
53-UN57.U1-SPB-VIII-2023BIOLOGI RAM P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI RAM P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIV;220HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik