Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN RECIPROCAL TEACHING TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMA N 3 MAGELANG
ABSTRAK
Ramdhani, Syahrul. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Reciprocal Teaching Terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Kemandirian Belajar Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA N 3 Magelang”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd., Pembimbing II Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd.
Kata Kunci: Hasil Belajar Kognitif, Kemandirian Belajar Siswa , Model Pembelajaran Reciprocal Teaching, Perubahan Lingkungan.
Pada abad 21 siswa harus memiliki kemandirian belajar, inovasi, kebebasan belajar, keterampilan untuk menggunakan teknologi dan media informasi. Pendidikan menjadi suatu unsur penting dalam menjamin hasil belajar. Meningkatkan hasil belajar kognitif dan kemandirian belajar merupakan salah satu tuntutan untuk mewujudkan kurikulum merdeka tentang merdeka belajar. selain itu, untuk meningkatkan hasil belajar kognitif dan kemandirian belajar salah satunya dengan menerapkan model pembelajaran Reciprocal Teaching.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap hasil belajar kognitif dan kemandirian belajar siswa pada materi perubahan lingkungan. Selain itu, menganalisis peningkatan hasil belajar kognitif dan kemandirian belajar siswa dengan model pembelajaran Reciprocal Teaching.
Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen semu (quasi experiment) tipe the nonequivalent control group design dan teknik pengambilan sampel dengan teknik purposive sampling. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh siswa kelas X SMA N 3 Magelang dengan sampel yang digunakan yaitu kelas X-5 sebagai kelas kontrol yang berjumlah 36 siswa dan kelas X-6 sebagai kelas eksperimen berjumlah 36 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis hipotesis pada nilai post-test hasil belajar kognitif siswa memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti nilai sig. < 0,05. Selain itu rata-rata nilai post-test hasil belajar kognitif siswa juga terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen memiliki rata-rata yang lebih baik dibandingkan kelas kontrol. kemudian pada data kemandirian belajar siswa, diketahui hasil analisis hipotesis menunjukkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti nilai sig. < 0,05. Selain itu terdapat perbedaan rata-rata nilai kemandirian belajar siswa pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen memiliki rata-rata kemandirian belajar yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.
Dari hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Reciprocal Teaching memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan kemandirian belajar siswa dalam mempelajari materi perubahan lingkungan. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, terdapat pengaruh model pembelajaran Reciprocal Teaching terhadap peningkatan hasil belajar kognitif dan kemandirian belajar siswa setelah penggunaan model pembelajaran Reciprocal Teaching yang diberikan kepada kelas eksperimen siswa kelas X SMA Negeri 3 Magelang.
53-UN57.U1-SPB-VIII-2023 | BIOLOGI RAM P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain