Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI METODE BRAINSTORMING TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 BANDONGAN PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN
ABSTRAK
Hartati. 2023. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI METODE BRAINSTORMING TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 BANDONGAN PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd., Pembimbing II Ferisa Prasetyaning Utami, M.Pd.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Brainstorming, Higher Order Thinking Skills, Keterampilan Komunikasi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara model konvensional dengan model Problem Based Learning disertai metode brainstorming terhadap Higher Order Thinking Skills dan keterampilan komunikasi peserta didik. Metode yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain The Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswi kelas X1 dan X5 SMA Negeri 1 Bandongan, kelas X1 sebagai kelas kontrol dan kelas X5 sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar tes, skala pengukuran, dan lembar observasi. Data yang diperoleh dari penelitian adalah hasil nilai pretest dan postest materi perubahan lingkungan, hasil pengisian skala pengukuran keterampilan komunikasi, serta hasil observasi langsung. Teknik anaisis data yang digunakan dalam penelitian ini uji independent sampel T-test dan uji Normalized Gain.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil pretest 70 pada kelas eksperimen, dan 67.79 untuk kelas kontrol, sedangkan untuk postest diperoleh hasil rata-rata 81.76 untuk kelas eksperimen dan 76.62 pada kelas kontrol. Untuk pengisian skala pengukuran diperoleh hasil pengukuran awal 65.35 kelas eksperimen dan 64.71 kelas kontrol, sedangkan untuk pemgukuran akhir diperoleh hasil 75.62 pada kelas ekperimen dan 71.15 pada kelas kontrol. Lembar observasi diperoleh nilai observasi awal 66.44 kelas eksperimen dan 68.03 kels kontrol, sedangkan observasi akhir diperoleh hasil 77,85 untuk kelas eksperimen dan 70,74 kelas kontrol. Hasil perhitungan data yang telah diperoleh sebagai berikut: uji independent sampel T-test data hasil postest soal sebesar 0.015 hasil N-Gain rata-rata postest 0.45 dalam kategori sedang, hasil uji independent sampel T-test data hasil pengisian skala akhir sebesar 0.045, hasil N-Gain 0.30 dalam kategori cukup. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning disertai metode brainstorming terhadap Higher Order Thinking Skills dan keterampilan komunikasi peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Bandongan pada materi perubahan lingkungan.
52-UN57.U1-SPB-VIII-2023 | BIOLOGI HAR P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain