PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI METODE BRAINSTORMING TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 BANDONGAN PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN

HARTATI - Nama Orang;

ABSTRAK
Hartati. 2023. “PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DISERTAI METODE BRAINSTORMING TERHADAP HIGHER ORDER THINKING SKILLS (HOTS) DAN KETERAMPILAN KOMUNIKASI PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 BANDONGAN PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd., Pembimbing II Ferisa Prasetyaning Utami, M.Pd.
Kata Kunci: Problem Based Learning, Brainstorming, Higher Order Thinking Skills, Keterampilan Komunikasi
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh antara model konvensional dengan model Problem Based Learning disertai metode brainstorming terhadap Higher Order Thinking Skills dan keterampilan komunikasi peserta didik. Metode yang digunakan yaitu quasi experiment dengan desain The Nonequivalent Control Group Design. Subjek penelitian ini adalah siswi kelas X1 dan X5 SMA Negeri 1 Bandongan, kelas X1 sebagai kelas kontrol dan kelas X5 sebagai kelas eksperimen dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Instrumen yang digunakan dalam penelitian berupa lembar tes, skala pengukuran, dan lembar observasi. Data yang diperoleh dari penelitian adalah hasil nilai pretest dan postest materi perubahan lingkungan, hasil pengisian skala pengukuran keterampilan komunikasi, serta hasil observasi langsung. Teknik anaisis data yang digunakan dalam penelitian ini uji independent sampel T-test dan uji Normalized Gain.
Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh rata-rata hasil pretest 70 pada kelas eksperimen, dan 67.79 untuk kelas kontrol, sedangkan untuk postest diperoleh hasil rata-rata 81.76 untuk kelas eksperimen dan 76.62 pada kelas kontrol. Untuk pengisian skala pengukuran diperoleh hasil pengukuran awal 65.35 kelas eksperimen dan 64.71 kelas kontrol, sedangkan untuk pemgukuran akhir diperoleh hasil 75.62 pada kelas ekperimen dan 71.15 pada kelas kontrol. Lembar observasi diperoleh nilai observasi awal 66.44 kelas eksperimen dan 68.03 kels kontrol, sedangkan observasi akhir diperoleh hasil 77,85 untuk kelas eksperimen dan 70,74 kelas kontrol. Hasil perhitungan data yang telah diperoleh sebagai berikut: uji independent sampel T-test data hasil postest soal sebesar 0.015 hasil N-Gain rata-rata postest 0.45 dalam kategori sedang, hasil uji independent sampel T-test data hasil pengisian skala akhir sebesar 0.045, hasil N-Gain 0.30 dalam kategori cukup. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengaruh model pembelajaran Problem Based Learning disertai metode brainstorming terhadap Higher Order Thinking Skills dan keterampilan komunikasi peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Bandongan pada materi perubahan lingkungan.


Ketersediaan
52-UN57.U1-SPB-VIII-2023BIOLOGI HAR P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI HAR P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIV;222HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik