Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA BERBASIS KEARIFAN LOKAL TARI SORENG UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA TENTANG SISTEM GERAK
ABSTRAK
Triyani, Meyta Adi. 2023. “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Kearifan Lokal Tari Soreng untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa Tentang Sistem Gerak”’. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Setiyo Prajoko M.Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati M.Pd.
Kata kunci: Lembar Kerja Siswa, Kearifan Lokal, Pemahaman Konsep.
Lembar kerja siswa yang digunakan di MAN 1 Magelang masih memiliki beberapa kekurangan, yaitu materi masih umum, monoton dan belum berdasarkan lingkungan siswa. Penggunaan bahan ajar yang tidak tepat dapat mempengaruhi hasil belajar siswa, salah satunya yaitu pemahaman konsep siswa yang menurun. Selain itu pemanfaatan kearifan lokal sebagai bahan ajar seperti lembar kerja siswa belum diterapkan dalam pembelajaran khususnya biologi. Materi biologi sendiri membutuhkan tingkat pemahaman tinggi, salah satunya materi sistem gerak. Maka perlu menggunakan bahan ajar yang tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kelayakan lembar kerja siswa berbasis kearifan lokal Tari Soreng sebagai bahan ajar dalam pembelajaran biologi materi sistem gerak kelas XI SMA berdasarkan aspek materi dan aspek media. Tujuan lainnya yaitu mengetahui keefektifan lembar kerja siswa berbasis kearifan lokal Tari Soreng dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa tentang sistem gerak. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan model ADDIE. Dengan proses penelitian meliputi tahap analisis, desian, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Tahap analisis yaitu menganalisis permasalahan dan menentukan bahan ajar apa yang dibutuhkan berdasar dari analisis siswa, kurikulum, materi, dan potensi lokal. Selanjutnya tahap desain dilakukan pembuatan produk diikuti dengan tahap pengembangan yaitu validasi produk oleh ahli materi dan ahli media. Tahap implementasi yaitu dilakukan uji pemahaman konsep siswa tentang sistem gerak melalui uji terbatas dengan model one group pretest posttest dan dilakukan uji respon siswa serta guru. Pada setiap tahapan dilakukan evaluasi. Hasil dari penelitian ini adalah lembar kerja siswa berbasis kearifan lokal Tari Soreng memiliki kriteria sangat layak menurut ahli materi dan ahli media dengan persentase masing-masing sebesar 90,83% dan 94,23%. Selain itu berdasarkan hasil kepraktisan yang di uji responkan kepada guru diperoleh data sebesar 83,33%, hasil ini termasuk kedalam kriteria sangat praktis. Sedangkan uji respon kepada 22 siswa diperoleh data sebesar 72,72% yang artinya baik. Uji N-Gain diperoleh nilai sebesar 0,52. Berdasarkan analisis validasi produk oleh ahli materi dan ahli media, lembar kerja siswa berbasis kearifan lokal Tari Soreng sangat layak digunakan sebagai bahan ajar dalam proses pembelajaran. Selain itu dari uji nilai N-Gain yang diperoleh maka lembar kerja siswa efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep siswa dengan kriteria sedang.
55-UN57.U1-SPB-VIII-2023 | BIOLOGI TRI P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain