Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) MELALUI MEDIA INSTAGRAM TERHADAP KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA NEGERI 1 BANDONGAN
ABSTRAK
Nubaiti, Kartikasari. 2023. “Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Melalui Media Instagram terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kreativitas Peserta Didik pada Materi Perubahan Lingkungan di SMA N 1 Bandongan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd. Pembimbing II Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd.
Kata kunci : Berpikir kritis, Kreativitas, Model pembelajaran PjBL, P
erubahan lingkungan Hal yang melatarbelakangi penelitian ini adalah diperlukan adanya upaya penerapan model pembelajaran yang mampu menciptakan suasana belajar peserta didik serta memacu keaktifan peserta didik sehingga dapat mempengaruhi keterampilan berpikir kritis dan kreativitas peserta didik menjadi lebih baik. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis pengaruh model Project Based Learning (PjBL) melalui media Instagram terhadap keterampilan berpikir kritis dan kreativitas peserta didik pada materi perubahan lingkungan di SMA Negeri 1 Bandongan. Penelitian ini merupakan penelitian Quasi Eksperimental dengan desain penelitian Non equivalent control group design. Populasi yang digunakan adalah seluruh peserta didik kelas X di SMA Negeri 1 Bandongan, dan sampel yang digunakan dalam penelitian yaitu kelas X8 sebagai kelas kontrol dan kelas X9 sebagai kelas eksperimen. SMA Negeri 1 Bandongan yang ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Adapun data yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan uji Analysis of Covariance dan Mann Whitney U Test. Berdasarkan uji Analysis of Covariance pada data angket kreativitas diperoleh hasil 0,00. Pada data soal tes keterampilan berpikir kritis menggunakan uji Mann Whitney U Test diperoleh hasil 0,01. Artinya hipotesis penelitian H0 diterima dan H1 ditolak. Ari data tersebut, hasil penelitian menunjukan bahwa (1) adanya perbedaan pada nilai rata-rata keterampilan berpikir kritis peserta didik setelah diterapkannya model pembelajaran PjBL melalui media Instagram (2) adanya perubahan presentase kreativitas peserta didik pada awal pembelajaran dengan setelah diterapkannya model pembelajaran PjBL melalui Instagram. Hal ini karena PjBL melalui Instagram merupakan pembelajaran yang berfokus pada konsep dan prinsip utama dari suatu disiplin, melibatkan peserta didik dalam pemecahan masalah dan tugas bermakna, memberi peserta didik peluang untuk bekerja secara otonom mengkonstruksi belajar mereka sendiri dan puncaknya mengahsilkan produk karya yang bernilai dan realistik.
56-UN57.U1-SPB-VIII-2023 | BIOLOGI NUR P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain