PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI ANALISIS PENGARUH VARIASI IGNITION TIMING DAN INJECTION TIMING TERHADAP UNJUK KERJA MESIN PADA MOTOR BAKAR BENSIN 150 CC

ARYA DIMAS DARMA WIRADIKA - Nama Orang;

ABSTRAK
ECU atau Modul Kontrol Unit merupakan bagian sistem yang berada pada sepeda motor terkini, ECU adalah alat untuk mengatur kinerja mesin EFI. Fungsi ECU meliputi pemrosesan data yang diinjeksikan melalui sinyal yang ditangkap oleh sensor, setelah itu sinyal tersebut diproses oleh ECU dan digunakan untuk mengoperasikan waktu penyemprotan bahan bakar dan waktu percikan bunga api oleh busi, Pada ECU standar yang memiliki kekurangan yaitu memiliki limiter percikan bunga api pada putaran mesin tinggi yang kurang stabil oleh karena itu pada penelitian ini peneliti ingin mengganti ECU dengan ECU aftermarket dan remapping ECU tersebut pada mode ekonomis dan performance dengan Injection timing diperkaya 5% dan Ignition Timing diajukan 3 derajat sebelum TM A yang bertujuan agar pembakaran lebih sempurna dan unjuk kerja mesin lebih meningkat. Jenis pengujian yang dilakukan adalah uji daya, uji torsi, uji konsumsi bahan bakar spesifik dan emisi gas buang, hasil penelitian ini menunjukan bahwa penggunaan ECU aftermarket tanpa limiter memiliki nilai unjuk kerja mesin lebih baik dari ECU standarnya, dengan nilai Daya pada ECU Juken power mode mapping ekonomis yang menghasilkan daya sebesar 13 hp sedangkan ECU standarnya hanya bisa menghasilkan 11,9 hp, nilai Torsi tertinggi dihasilkan oleh ECU Juken power mode mapping ekonomis dengan nilai 12,42 Nm, nilai emisi terendah dihasilkan oleh ECU juken mode mapping ekonomis yang menghasilkan CO 0,59%, C02 2,50% dan 02 20,90%, Nilai konsumsi bahan bakar terhemat juga dimiliki oleh ECU Juken power mode mapping ekonomis, hal ini menunjukan bahwa ECU juken mode mapping ekonomis memiliki kinerja pembakaran yang lebih baik disbanding variasi lainnya pada penelitian ini.
Kata kunci : ECU, EFI, Daya, Torsi, Emisi gas buang, Konsumsi bahan bakar.


Ketersediaan
71-UN57.U1-STM-IX-2023MESIN WIR A 2023Ruang Skripsi (TEKNIK MESIN)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MESIN WIR A 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIII;64HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
621.8
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_TEKNIK_MESIN
FAKULTAS_FT
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik