PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN INKUIRI TERBIMBING (GUIDED INQUIRY) BERBANTUAN E-MODUL BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH SISWA SMP

RINA TURNIYATI - Nama Orang;

ABSTRAK
Turniyati, Rina. 2023. Penerapan Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing (Guided Inquiry) Berbantuan Modul Bervisi SETS untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Siswa SMP. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Riva Ismawati, M.Sc., Pembimbing II Rina Rahayu, M.Pd.
Kata Kunci: KPM, Inkuiri terbimbing, e-modul, SETS
Keterampilan pemecahan masalah ialah bagian penting yang perlu dimiliki oleh setiap individu di abad 21 ini. Keterampilan pemecahan masalah dalam setiap individu memerlukan adanya perhatian khusus terhadap upaya peningkatannya, yakni dimulai dari dunia pendidikan. Hasil penilaian PISA pada tahun 2018 Indonesia memperoleh skor 396 dan menduduki peringkat kesembilan dari bawah. Model pembelajaran inkuiri terbimbing mampu melatihkan keterampilan pemecahan masalah. Penggunaan e-modul dengan integrasi SETS diharapkan dapat membantu siswa dalam proses pembelajaran dengan mendorong siswa untuk lebih aktif. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa setelah dilakukan pembelajaran dengan model pembelajaran inkuiri terbimbing (Guided Inquiry) berbantuan e-modul bervisi SETS. Penelitian yang dilakukan menggunakan desain quasi experimental design. Bentuk desain quasi eksperimen yang dipilih yaitu non-equivalent control group design. Penelitian dilakukan kepada dua kelas sampel SMP Negeri 1 Tegalrejo dengan menggunakan instrumen berupa soal tes yang sudah dilakukan uji validitas dan reliabilitas. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan uji normalitas, uji homogenitas, uji N-gain, dan uji T. Hasilnya, ditemukan adanya perbedaan peningkatan keterampilan pemecahan masalah siswa antara kelas kontrol dan kelas eksperimen.


Ketersediaan
80-UN57.U1-SI-IX-2023IPA TUR P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA TUR P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIV;175HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik