Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAM GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOLABORASI DAN HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN MANUSIA
ABSTRAK
Umaroh, Zulfa. 2023. “Efektivitas Model Pembelajaran TGT (Team Games Tournament) untuk Meningkatkan Kemampuan Kolaborasi dan Hasil Belajar Kognitif Siswa pada Materi Sistem Pernapasan Manusia”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Suwito Singgih, S. Pd., M. Pd.
Kata Kunci: TGT, kemampuan kolaborasi, hasil belajar kognitif, efektivitas
Kemampuan kolaborasi ialah kemampuan untuk bekerja dalam tim dengan menggabungkan beberapa individu secara bersama-sama untuk mencapai tujuan bersama (K. Mishra dan Kereluik, 2011). Proses pembelajaran abad-21 membutuhkan kemampuan kolaborasi, karena pembelajaran menjadi berpusat pada siswa (student center) (Sunbanu et al, 2019). Hasil belajar yang rendah ditunjukkan dengan nilai hasil belajar ranah kognitif pada mata pelajaran IPA kelas VIII dengan rata-rata nilai harian sebesar 55,26 dan pada materi sistem pernapasan manusia yang masih dibawah KKM yang ditentukan yaitu 74. Kemampuan kolaborasi yang rendah ditunjukkan dari hasil observasi dengan indikator berkontribusi secara aktif, bekerja secara produktif, bertanggung jawab. Sehingga, diperlukan sebuah inovasi baru dalam menerapkan model pembelajaran dalam mata pelajaran IPA. Salah satu model pembelajaran yang dapat digunakan guru agar siswa tertarik dan aktif dalam pembelajaran IPA yaitu model pembelajaran TGT (Team Games Tounament).
Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan model pembelajaran TGT dalam meningkatkan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa SMP pada materi sistem pernapasan manusia. Penelitian menggunakan metode quasi experimental design yang dikembangkan dari true eksperimental. Adapun desain penelitian yaitu non equivalent control group design. Peneliti menggunakan sampel kelas VIII A dan VIII B dengan teknik purposive sampling yang setiap kelasnya terdiri dari 31 siswa.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji N-gain kemampuan kolaborasi pada kelas eksperimen yang menerapakan TGT dalam pembelajaran adalah 0,57 kategori sedang dan kelas kontrol 0,31 berkategori sedang. Hasil uji effect size. Hasil perhitungan rata-rata skor kemampuan kolaborasi pada kelas ekspelas eksperimen sebesar 1,54 berkategori tingggi dan kelas kontrol 0,83 kategori tinggi. Uji N gain hasil belajar kognitif kelas eksperimen 0,53 berkategori sedang dan kelas kontrol 1,67 berkategori Kesimpulan dari penelitian ini adalah model pembelajaran TGT (Team Games Tournament) efektif untuk meningkatkan kemampuan kolaborasi dan hasil belajar kognitif siswa pada materi sistem pernapasan.
79-UN57.U1-SI-IX-2023 | IPA UMA E 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain