Text
SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CASE BASED LEARNING (CBL) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SALAM
ABSTRAK
Negitawati, Wulandari. 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Case Based Learning (CBL) Untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik Kelas VIII di SMP Negeri 1 Salam”. Skripsi. Progam Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd., Pembimbing II Riva Ismawati, S.Pd.,M.Pd.
Kata Kunci : Keterampilan Pemecahan Masalah, Case Based Learning (CBL), Model Pembelajaran
Keterampilan pemecahan masalah yakni salah satu dari tujuh keterampilan hidup yang dibutuhkan pada abad 21. Keterampilan pemecahan masalah dibutuhkan peserta didik dan menjadi bagian penting dari pembelajaran IPA. Keterampilan pemecahan masalah peserta didik tergolong masih rendah pernyataan ini berdasarkan hasil survei PISA pada 2108 yang menyatakan bahwa pada pembelajaran IPA Indonesia menempati peringkat 71 dari 80 negara. Model CBL ialah model pembelajaran yang mampu membantu meningkatkan keterampilan penyelesaian masalah dalam pembelajaran. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui perbedaan peningkatan keterampilan pemecahan masalah peserta didik antara pembelajaran model CBL dibandingkan pembelajaran model konvensional. Penelitian ini kuantitatif dengan metode quasi eksperimen desain nonequivalent control desain group. Subjek penelitian adalah kelas VIII C sebagai kelas eksperimen dan VIII D sebagai kelas kontrol ditentukan dengan metode purposive sampling. Instrumen penelitian ini telah melalui uji validitas konstruk dan uji reabilitas. Penelitian ini menggunakan uji Mann Whitney dan perhitungan N-Gain untuk mengananlisis data. Uji Mann Whitney menunjukan hasil 0,000 < 0,05 yang artinya terdapat perbedaan signifikan. Hasil uji N-Gain kelas eksperimen sebesar 0,41 dan kelas kontrol sebesar 0,19. Kesimpulan: terdapat perbedaan peningkatan keterampilan pemecahan masalah antara pembelajaran model CBL dibandingkan model konvensional. Besar peningkatan keterampilan pemecahan masalah pada kelas eksperimen memperoleh kategori sedang, sedangkan kelas kontrol memperoleh kategori rendah.
77-UN57.U1-SI-IX-2023 | IPA NEG P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain