Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK (LKPD) BERBASIS MODEL PEMBELAJARAN GUIDED INQUIRY TERINTEGRASI STRATEGI JIGSAW PADA MATERI SISTEM EKSKRESI MANUSIA
ABSTRAK
Ahadina, Martina. 2023 “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Pembelajaran Guided Inquiry Terintegrasi Strategi Jigsaw pada Materi Sistem Ekskresi Manusia”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Siswanto, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Dr. Ahmad Muhlisin, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Lkpd, Guided Inquiry, Strategi Jigsaw, Sistem Ekskresi Manusia
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelaksanaan pembelajaran yang berlaku pada kurikulum 2013 dilakukan dengan menggunakan pendekatan saintifik dimana salah satu jenis model pembelajaran yang berpusat pada siswa berbasis pendekatan saintifik adalah inkuiri terbimbing. Hal ini dikarenakan model inkuiri terbimbing merupakan penerapan teori pembelajaran inkuiri ilmiah dan konstruktivis, sehingga model inkuiri cocok untuk pembelajaran saintifik dengan keterlibatan aktif siswa dalam proses kegiatan pembelajaran. Disamping itu, selain menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing maka dalam proses pembelajaran sebuah aktivitas kerjasama dari peserta didik juga perlu ditingkatkan. Untuk meningkatkan kerjasama antar siswa, dapat dilakukan dengan menggunakan salah satu jenis strategi jigsaw. Untuk memudahkan berlangsungnya proses pembelajaran pada model pembelajaran yang digunakan maka diperlukan suatu bahan ajar berupa Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD).
Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis kompetensi yang harus dikuasai siswa SMP pada aspek kognitif serta validitas LKPD yang dikembangkan pada materi sistem ekskresi manusia.
Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan LKPD dengan menggunakan metode berupa Fuzzy Delphi. Metode Delphi adalah pendekatan pengambilan keputusan yang menggunakan serangkaian kuesioner dengan umpan balik terkontrol pada masukan ahli untuk mencapai konsensus di antara pakar ahli dalam pengambilan keputusan dengan cara yang dilakukan adalah wawancara kepada 4 guru mapel IPA untuk aspek kognitif yang harus dikuasai oleh siswa dan 10 ahli untuk validitas yang diperoleh dari LKPD yang dikembangkan.
Didapatkan hasil penelitian bahwa pada komponen aspek kognitif yang harus dikuasai oleh siswa pada materi sistem ekskresi manusia terdiri dari indikator mengingat (C1) hingga menganalisis (C4). Kemudian pada validitas LKPD yang dikembangkan diperoleh hasil keseluruhan aspek pengembangan LKPD dapat mencapai kesepakatan diterima dengan nilai threshold (nilai d < 0,2) dan presentase konsensus lebih dari 75%.
81-UN57.U1-SI-IX-2023 | IPA AHA P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain