Text
SKRIPSI KEEFEKTIFAN MODEL LEARNING CYCLE 7E BERBANTUAN BUKU SAKU DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DI SMP N 4 PURWOREJO
ABSTRAK
Miranti, Septi Sabela. 2023. “Keefektifan Model Learning Cycle 7E Berbantuan Buku Saku dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis di SMP N 4 Purworejo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, M.Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, M.Pd.
Kata Kunci: model Learning Cycle 7E, kemampuan berpikir kritis, buku saku
Salah satu misi pendidikan di banyak negara adalah meningkatkan kemampuan berpikir kritis, yang merupakan kecakapan yang diperlukan di abad ke-21. Kemampuan ini dibutuhkan sebagai bekal dalam menjawab tantangan permasalahan yang semakin kompleks. Namun, berpikir kritis masih kurang berkembang di kalangan peserta didik di Indonesia. Permasalahan rendahnya tingkat kemampuan berpikir kritis juga terjadi di SMP N 4 Purworejo. Hal tersebut terjadi karena guru menjalankan perannya sebagai pusat pembelajaran. Pembelajaran tersebut membuat peserta didik tidak dapat mengembangkan studi kasus dan memecahkan masalah.
Penelitian bertujuan untuk menganalisis keefektifan model Learning Cycle 7E berbantuan buku saku dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik di SMP N 4 Purworejo. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian quasi experimental yang mengaplikasikan Non-Equivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan di SMP N 4 Purworejo dengan sampel kelas VIIIH yang digunakan sebagai kelas eksperimen dan kelas VIIIG yang digunakan sebagai kelas kontrol. Purposive sampling adalah metode pengumpulan sampel yang digunakan. Penelitian ini menggunakan soal uraian sejumlah sepuluh soal yang validitas dan reliabilitasnya telah diuji. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu uji t independent sample t-test, uji N-Gain, dan effect size.
Hasil analisis data menunjukkan bahwa kempuan berpikir kritis peserta didik dalam kelas eksperimen dan kelas kontrol berbeda dengan hasil uji t independent sample t-test yaitu 0,000
84-UN57.U1-SI-IX-2023 | IPA MIR K 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain