Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL IPA BERBASIS MASALAH PADA TEMA BATIK UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PEMECAHAN MASALAH PESERTA DIDIK
ABSTRAK
Ni’mah, Ulin. (2023). “Pengembangan Modul IPA Berbasis Masalah pada Tema Batik untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, S.Pd., M. Pd., Pembimbing II Eko Juliyanto, S.Pd., M. Pd.
Kata Kunci: Modul IPA, Batik, Pemecahan Masalah, Problem Based Learning.
Perkembangan zaman terus menuntut peserta didik untuk menghadapi permasalahan dalam kehidupan sehari-hari yang semakin kompleks. Pentingnya pemecahan masalah membuat peserta didik lebih mandiri pada penyelesaian masalah sehingga mampu menciptakan pola pikir secara nyata dan sistematis untuk menganalisis setiap permasalahan dan menemukan hasil akhir.
Hasil observasi menunjukkan keterampilan masalah peserta didik di SMP Darul Ikhsan Pekalongan masih cukup rendah. Permasalahan ini dapat diatasi salah satunya melalui pengembangan bahan ajar berupa modul IPA berbasis masalah tema batik. Pembelajaran berbasis masalah diketahui dapat meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kevalidan modul berdasarkan hasil uji ahli, keefektifan modul berdasarkan uji efektifitas, dan kepraktisan modul IPA berbasis masalah tema batik untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik berdasarkan hasil respon peserta didik dan guru.
Metode dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Development) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Modul yang dikembangan kemudian diimplementasikan di SMP Darul Ikhsan Pekalongan.
Hasil penelitian kevalidan oleh ahli mendapatkan skor sebesar 92,4% dengan kategori sangat valid. Efektifitas penggunaan modul dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah peserta didik mendapatkan nilai N-gain sebesar 0,6453 dan memperoleh dalam tafsiran efektifitas sebesar 64,53%. dengan kriteria sedang. Respon peserta didik dan guru terhadap penggunaan modul mendapatkan nilai presentase sebesar 89,4% dan 88,7% yang keduanya masuk pada kategori sangat praktis.
83-UN57.U1-SI-IX-2023 | IPA NIM P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain