Text
SKRIPSI IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TPSW (THINK PAIR SHARE WRITE) DALAM PEMBELAJARAN IPA SMP UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA PADA MATERI BUMI DAN TATA SURYA
ABSTRAK
Astari, F. N. 2023. “Implementasi Model Pembelajaran TPSW (Think Pair Share Write) Dalam Pembelajaran IPA SMP Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Bumi dan Tata Surya”. Skripsi. Program Studi Pendidikan IPA, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Suwito Singgih, M.Pd., Pembimbing II Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd.
Kata kunci: Model Pembelajaran TPSW, Kemampuan Berpikir Kritis, Bumi dan Tata Surya
Kemampuan berpikir kritis termasuk dalam kategori berpikir tingkat tinggi yang perlu ditingkatkan dalam upaya pemecahan masalah sebagai salah satu kecakapan hidup (life skill). Kemampuan berpikir kritis dapat ditingkatkan melalui pembelajaran IPA dengan menggunakan model pembelajaran yang bersifat student center. Salah satu model pembelajaran yang bersifat student center adalah model TPSW. Model tersebut dirancang untuk meningkatkan peran siswa dalam pembelajaran dengan sintaks pembelajaran yang terdiri atas think (berpikir), pair (diskusi), share (berbagi), dan write (menulis). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan model TPSW untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa pada materi Bumi dan Tata Surya. Metode yang digunakan dalam peelitian ini adalah metode quasy experiment dengan desain non equivalent control group design. Hasil uji hipotesis dengan uji independent sample t-test mendapatkan nilai signifikansi sebesar
86-UN57.U1-SI-IX-2023 | IPA AST I 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain