PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MTW DI PPTQ AL-FURQON

NABILA IHSANI - Nama Orang;

ABSTRAK
Ihsani, Nabila. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa MTW di PPTQ Al-Furqon”. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd. dan Pembimbing II Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar Kognitif, dan Pengaruh
Tujuan dari pembelajaran adalah siswa mendapatkan pengetahuan baru yang outputnya tertuang pada nilai hasil belajar yang didapatkan setelah mengalami proses kegiatan belajar. Hasil belajar kognitif menunjukkan seberapa banyak perubahan, pencapaian, dan pemahaman siswa dalam memecahkan permasalahan faktualyang tertuang pada nilai tes hasil belajar. Akan tetapi, analisis hasil ujian modul 9 dan wawancara di PPTQ Al-Furqon, memperlihatkan rendahnya hasil belajar kognitif khususnya pada mata pelajaran IPA. Analisis hasil perolehan nilai siswa kelas VIII memiliki rata-rata 56,4 dengan KKM 60, dimana 50% siswa nilainya tidak tuntas KKM.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran PBL pada hasil belajar kognitif siswa MTW di PPTQ Al-Furqon. Penelitian kuantitatif ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Instrumen hasil belajar kognitif disesuaikan dengan Taksonomi Bloom edisi revisi oleh Anderson & Karthwohl, (2001), lalu di uji validasi isi dan validasi konstruk. Data primer berupa nilai hasil belajar kognitif diperoleh setelah melalui eksperimen pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dan menghasilkan skor seluruhnya < 0,05 yang menunjukkan bahwa data tidak terdistribusi normal dan tidak homogen, selanjutnya dilakukan uji hipotesis untuk data statistika non-parametrik yaitu uji Mann-Whitney. Hasil uji Mann-Whitney memiliki nilai 0,00 < 0,05 yang memberikan kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari uji Man Whitney yaitu terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah penerapan model pembelajaran PBL terhadap siswa yang diberi pembelajaran dirrect instructionHasil uji N-Gain untuk seluruh indikator menunjukkan nilai sebesar 0,8 dengan kategori tinggi. Sedangkan secara rinci tiap indikator yang memiliki nilai N-Gain kategori sedang sampai tinggi adalah indikator C1-C5. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh dan peningkatan hasil belajar kognitif dengan kategori tinggi setelah pemberian model pembelajaran PBL. Saran bagi peneliti yang hendak melakukan penelitian dengan tema model pembelajaran PBL sebaiknya lebih merincikan terkait permasalahan dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa pada indikator menganalisis (C4) dan mengevaluasi (C5). Kemudian untuk meningkatkan indikator mencipta (C6) hendaknya model PBL disesuaikan dengan materi yang cocok.


Ketersediaan
85-UN57.U1-SI-IX-2023IPA IHS P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
IPA IHS P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIII;118;HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
500
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_ILMU_PENGETAHUAN_ALAM
FAKULTAS_FKIP
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik