Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF SISWA MTW DI PPTQ AL-FURQON
ABSTRAK
Ihsani, Nabila. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa MTW di PPTQ Al-Furqon”. Skripsi Program Studi Pendidikan IPA. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ahmad Muhlisin, M.Pd. dan Pembimbing II Eli Trisnowati, S.Pd., M.Pd.
Kata kunci: Problem Based Learning, Hasil Belajar Kognitif, dan Pengaruh
Tujuan dari pembelajaran adalah siswa mendapatkan pengetahuan baru yang outputnya tertuang pada nilai hasil belajar yang didapatkan setelah mengalami proses kegiatan belajar. Hasil belajar kognitif menunjukkan seberapa banyak perubahan, pencapaian, dan pemahaman siswa dalam memecahkan permasalahan faktualyang tertuang pada nilai tes hasil belajar. Akan tetapi, analisis hasil ujian modul 9 dan wawancara di PPTQ Al-Furqon, memperlihatkan rendahnya hasil belajar kognitif khususnya pada mata pelajaran IPA. Analisis hasil perolehan nilai siswa kelas VIII memiliki rata-rata 56,4 dengan KKM 60, dimana 50% siswa nilainya tidak tuntas KKM.Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana pengaruh model pembelajaran PBL pada hasil belajar kognitif siswa MTW di PPTQ Al-Furqon. Penelitian kuantitatif ini dilaksanakan pada semester genap tahun ajaran 2022/2023. Instrumen hasil belajar kognitif disesuaikan dengan Taksonomi Bloom edisi revisi oleh Anderson & Karthwohl, (2001), lalu di uji validasi isi dan validasi konstruk. Data primer berupa nilai hasil belajar kognitif diperoleh setelah melalui eksperimen pada kelas eksperimen dan kelas kontrol. Data dilakukan uji normalitas dan uji homogenitas dan menghasilkan skor seluruhnya < 0,05 yang menunjukkan bahwa data tidak terdistribusi normal dan tidak homogen, selanjutnya dilakukan uji hipotesis untuk data statistika non-parametrik yaitu uji Mann-Whitney. Hasil uji Mann-Whitney memiliki nilai 0,00 < 0,05 yang memberikan kesimpulan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Kesimpulan dari uji Man Whitney yaitu terdapat perbedaan peningkatan hasil belajar kognitif siswa setelah penerapan model pembelajaran PBL terhadap siswa yang diberi pembelajaran dirrect instructionHasil uji N-Gain untuk seluruh indikator menunjukkan nilai sebesar 0,8 dengan kategori tinggi. Sedangkan secara rinci tiap indikator yang memiliki nilai N-Gain kategori sedang sampai tinggi adalah indikator C1-C5. Kesimpulan dari penelitian ini adalah terdapat pengaruh dan peningkatan hasil belajar kognitif dengan kategori tinggi setelah pemberian model pembelajaran PBL. Saran bagi peneliti yang hendak melakukan penelitian dengan tema model pembelajaran PBL sebaiknya lebih merincikan terkait permasalahan dalam rangka meningkatkan kemampuan siswa pada indikator menganalisis (C4) dan mengevaluasi (C5). Kemudian untuk meningkatkan indikator mencipta (C6) hendaknya model PBL disesuaikan dengan materi yang cocok.
85-UN57.U1-SI-IX-2023 | IPA IHS P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN IPA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain