Text
SKRIPSI ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI PERSEPSI SISWA
ABSTRAK
Rahmawati, Lily. 2023. “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Persepsi Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Yesi Franita, M.Sc., Pembimbing II Megita Dwi Pamungkas, M. Pd. Kata
Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Soal Cerita, Persepsi Siswa.
Penelitian ini didasarkan pada hasil tes kemampuan awal penalaran matematis siswa dimana persentase siswa berkemampuan penalaran matematis rendah paling tinggi dibandingkan dengan persentase siswa yang berkemampuan penalaran sedang dan tinggi yaitu sebanyak 54%. Kondisi ini dikarenakan beberapa masalah yang muncul selama proses pembelajaran matematika berlangsung. Hasil wawancara dengan beberapa siswa di SMP N 5 Magelang juga menunjukkan adanya sikap penolakan terhadap matematika padahal sikap dan persepsi adalah dua hal yang saling berkaitan. Persepsi siswa terhadap matematika sendiri merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi penalaran. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa SMP kelas VII dapat menyelesaikan soal cerita ditinjau dari persepsi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 31 siswa kelas VII A SMP N 5 Magelang dengan pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan ialah lembar observasi yaitu lembar yang digunakan untuk mengamati proses pembelajaran matematika, angket persepsi siswa terhadap matematika, tes kemampuan penalaran matematis, pedoman wawancara, serta dokumentasi. Tahapan analisis data pada penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data serta penyajian data. Sementara untuk memeriksa kredibilitas data menggunakan triangulasi teknik. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa data hasil persepsi siswa terhadap matematika, data hasil tes kemampuan penalaran matematis pada materi bilangan bulat dan pecahan, serta transkrip wawancara dengan subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan persepsi sangat positif dengan kemampuan penalaran tinggi serta siswa dengan persepsi positif dengan kemampuan penalaran tinggi mampu memaparkan secara lisan seluruh indikator penalaran matematis namun tidak mampu memaparkan dalam tulisan indikator menentukan strategi. Siswa dengan persepsi positif dengan kemampuan penalaran sedang mampu memaparkan secara lisan seluruh indikator matematis, namun tidak mampu memaparkan dalam bentuk tulisan untuk indikator mengajukan dugaan dan menentukan strategi. Siswa dengan persepsi negatif dengan kemampuan penalaran sedang mampu memaparkan secara lisan seluruh indikator penalaran matematis namun tidak mampu memaparkan secara tertulis untuk indikator mengajukan dugaan menentukan strategi dan menarik kesimpulan. Siswa dengan persepsi negatif dengan kemampuan penalaran rendah serta siswa dengan persepsi sangat negatif dengan kemampuan penalaran rendah mampu memaparkan secara lisan seluruh indikator penalaran matematis, namun tidak mampu memaparkan secara tertulis untuk indikator mengajukan dugaan menentukan strategi dan menarik kesimpulan. Guna menunjang kemampuan penalaran matematis siswa agar lebih baik guru diharapkan memberikan pengertian atau pemahaman kepada siswa untuk memahami informasi yang didapatkan pada soal cerita dan menuliskannya menggunakan simbolsimbol (notasi-notasi) matematika, serta menuliskan kesimpulan akhir penyelesaian dari masalah yang ditemukan dari soal cerita.
61-UN57.U1-SPM-IX-2023 | MATEMATIKA RAH A 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain