PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI ANALISIS KEMAMPUAN PENALARAN MATEMATIS SISWA SMP KELAS VII DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA DITINJAU DARI PERSEPSI SISWA

LILY RAHMAWATI - Nama Orang;

ABSTRAK
Rahmawati, Lily. 2023. “Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa SMP Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Ditinjau dari Persepsi Siswa”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Yesi Franita, M.Sc., Pembimbing II Megita Dwi Pamungkas, M. Pd. Kata
Kunci: Kemampuan Penalaran Matematis, Soal Cerita, Persepsi Siswa.
Penelitian ini didasarkan pada hasil tes kemampuan awal penalaran matematis siswa dimana persentase siswa berkemampuan penalaran matematis rendah paling tinggi dibandingkan dengan persentase siswa yang berkemampuan penalaran sedang dan tinggi yaitu sebanyak 54%. Kondisi ini dikarenakan beberapa masalah yang muncul selama proses pembelajaran matematika berlangsung. Hasil wawancara dengan beberapa siswa di SMP N 5 Magelang juga menunjukkan adanya sikap penolakan terhadap matematika padahal sikap dan persepsi adalah dua hal yang saling berkaitan. Persepsi siswa terhadap matematika sendiri merupakan salah satu faktor yang mempengaruhi penalaran. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kemampuan penalaran matematis siswa SMP kelas VII dapat menyelesaikan soal cerita ditinjau dari persepsi siswa. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif pendekatan deskriptif. Subjek dalam penelitian ini sebanyak 31 siswa kelas VII A SMP N 5 Magelang dengan pemilihan subjek menggunakan teknik purposive sampling. Instrumen yang digunakan ialah lembar observasi yaitu lembar yang digunakan untuk mengamati proses pembelajaran matematika, angket persepsi siswa terhadap matematika, tes kemampuan penalaran matematis, pedoman wawancara, serta dokumentasi. Tahapan analisis data pada penelitian ini meliputi pengumpulan data, reduksi data serta penyajian data. Sementara untuk memeriksa kredibilitas data menggunakan triangulasi teknik. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini berupa data hasil persepsi siswa terhadap matematika, data hasil tes kemampuan penalaran matematis pada materi bilangan bulat dan pecahan, serta transkrip wawancara dengan subjek penelitian. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa siswa dengan persepsi sangat positif dengan kemampuan penalaran tinggi serta siswa dengan persepsi positif dengan kemampuan penalaran tinggi mampu memaparkan secara lisan seluruh indikator penalaran matematis namun tidak mampu memaparkan dalam tulisan indikator menentukan strategi. Siswa dengan persepsi positif dengan kemampuan penalaran sedang mampu memaparkan secara lisan seluruh indikator matematis, namun tidak mampu memaparkan dalam bentuk tulisan untuk indikator mengajukan dugaan dan menentukan strategi. Siswa dengan persepsi negatif dengan kemampuan penalaran sedang mampu memaparkan secara lisan seluruh indikator penalaran matematis namun tidak mampu memaparkan secara tertulis untuk indikator mengajukan dugaan menentukan strategi dan menarik kesimpulan. Siswa dengan persepsi negatif dengan kemampuan penalaran rendah serta siswa dengan persepsi sangat negatif dengan kemampuan penalaran rendah mampu memaparkan secara lisan seluruh indikator penalaran matematis, namun tidak mampu memaparkan secara tertulis untuk indikator mengajukan dugaan menentukan strategi dan menarik kesimpulan. Guna menunjang kemampuan penalaran matematis siswa agar lebih baik guru diharapkan memberikan pengertian atau pemahaman kepada siswa untuk memahami informasi yang didapatkan pada soal cerita dan menuliskannya menggunakan simbolsimbol (notasi-notasi) matematika, serta menuliskan kesimpulan akhir penyelesaian dari masalah yang ditemukan dari soal cerita.


Ketersediaan
61-UN57.U1-SPM-IX-2023MATEMATIKA RAH A 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA RAH A 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XIX;186HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • HALAMAN ROMAWI, BAB I, BAB II, BAB III
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik