Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MATEMATIKA D’VAT SPIELE BERBASIS MAKE A MATCH MENGGUNAKAN ADOBE ANIMATE BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP
ABSTRAK
Almaas, Aufaa Ronaa. 2023. “Pengembangan Media Pembelajaran Matematika D’Vat Spiele Berbasis Make a Match Menggunakan Adobe Animate Berorientasi pada Kemampuan Pemahaman Konsep”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Zuida Ratih Hendrastuti, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: D’Vat Spiele, Kemampuan Pemahaman Konsep, Make a Match, Media Pembelajaran Matematika
Kemampuan pemahaman konsep merupakan kemampuan siswa untuk menyatakan kembali pengetahuan dalam bahasa yang mudah dipahami dan mampu mengaplikasikannya kembali. Berdasarkan hasil data tes awal menunjukkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika siswa kelas XI SMK N 1 Windusari masih tergolong rendah. Oleh karena itu, perlu adanya upaya untuk membantu mengatasi permasalahan tersebut di sekolah. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan adanya pengembangan media pembelajaran D’Vat Spiele berbasis Make a Match menggunakan Adobe Animate.
Tujuan penelitian ini untuk menganalisis kevalidan produk media pembelajaran matematika D’Vat Spiele berbasis Make a Match menggunakan Adobe Animate berorientasi pada kemampuan pemahaman konsep pada materi turunan aljabar. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepraktisan penggunaan media dan keefektifan produk terhadap kemampuan pemahaman konsep siswa.
Penelitian ini menggunakan model penelitian Research and Development (RdanD) dengan mengacu pada metode pengembangan ADDIE yang terdiri dari tahap analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Populasi dalam penelitian ini yaitu kelas XI di SMK N 1 Windusari. Sample dalam penelitian ini yaitu salah satu kelas XI yang berjumlah 36 siswa. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu angket kebutuhan media pembelajaran, pedoman wawancara, angket validasi, angket respon, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, dan soal tes kemampuan pemahaman konsep. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, wawancara, tes, angket, dokumentasi, dan observasi. ...
60-UN57.U1-SPM-IX-2023 | MATEMATIKA ALM P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain