PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENGEMBANGAN GAME EDUKASI SCRATCH MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALOGICAL REASONING SISWA SMP

NURUL FAJRI HIMLAL FAZ - Nama Orang;

ABSTRAK
Faz, Nurul. Fajri. Himlal., 2023. “Pengembangan Game Edukasi Scratch Materi Aritmatika Sosial untuk Meningkatkan Kemampuan Analogical Reasoning Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Game, Kemampuan Analogical Reasoning, Media Pembelajaran, Scratch
Kemampuan analogical reasoning merupakan kemampuan siswa untuk memperoleh hasil akhir dari soal baru berdasarkan pengetahuan yang telah diperoleh dari soal sebelumnya. Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan analogical reasoning siswa kelas VII SMP Negeri 2 Temanggung masih dalam kategori rendah. Oleh karena itu diperlukan adanya media pembelajaran berbasis teknologi untuk membantu meningkatkan kemampuan analogical reasoning siswa.
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kevalidan produk game edukasi scratch. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepraktisan dan keefektifan produk terhadap kemampuan analogical reasoning siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Adapun desain penelitian ini yaitu one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, pedoman wawancara, angket, dan soal tes. Adapun teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi.
Hasil analisis data validitas ahli materi menunjukkan kevalidan sebesar 92,22% dengan kategori sangat valid, sedangkan validitas ahli media memperoleh tingkat kevalidan sebesar 86% dengan kategori sangat valid. Tingkat kepraktisan dilihat dari angket respon siswa dengan persentase sebesar 94% dengan kategori sangat praktis dan angket respon guru mendapatkan nilai persentase sebesar 96% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan media dilihat dari hasil N-Gain yang mendapatkan hasil 0,60 dengan tingkat peningkatan sedang.
Berdasarkan hasil yang diperoleh, game edukasi scratch materi aritmatika sosial dikatakan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan analogical reasoning siswa SMP. Selanjutnya, produk perlu dikembangkan terkait pembahasan soal, contoh soal, pembuatan aplikasi, dan perbaikan jalan cerita yang lebih menarik.


Ketersediaan
59-UN57.U1-SPM-IX-2023MATEMATIKA FAZ P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
MATEMATIKA FAZ P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XVI;199HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
510
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_MATEMATIKA
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik