Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN GAME EDUKASI SCRATCH MATERI ARITMATIKA SOSIAL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN ANALOGICAL REASONING SISWA SMP
ABSTRAK
Faz, Nurul. Fajri. Himlal., 2023. “Pengembangan Game Edukasi Scratch Materi Aritmatika Sosial untuk Meningkatkan Kemampuan Analogical Reasoning Siswa SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Megita Dwi Pamungkas, S.Pd., M.Pd., Pembimbing II Fadhilah Rahmawati, S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: Game, Kemampuan Analogical Reasoning, Media Pembelajaran, Scratch
Kemampuan analogical reasoning merupakan kemampuan siswa untuk memperoleh hasil akhir dari soal baru berdasarkan pengetahuan yang telah diperoleh dari soal sebelumnya. Berdasarkan hasil tes awal yang dilakukan menunjukkan bahwa kemampuan analogical reasoning siswa kelas VII SMP Negeri 2 Temanggung masih dalam kategori rendah. Oleh karena itu diperlukan adanya media pembelajaran berbasis teknologi untuk membantu meningkatkan kemampuan analogical reasoning siswa.
Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis kevalidan produk game edukasi scratch. Selain itu, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kepraktisan dan keefektifan produk terhadap kemampuan analogical reasoning siswa.
Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan metode pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahapan yaitu analysis, design, development, implementation, dan evaluation. Adapun desain penelitian ini yaitu one group pretest-posttest. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi, pedoman wawancara, angket, dan soal tes. Adapun teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi.
Hasil analisis data validitas ahli materi menunjukkan kevalidan sebesar 92,22% dengan kategori sangat valid, sedangkan validitas ahli media memperoleh tingkat kevalidan sebesar 86% dengan kategori sangat valid. Tingkat kepraktisan dilihat dari angket respon siswa dengan persentase sebesar 94% dengan kategori sangat praktis dan angket respon guru mendapatkan nilai persentase sebesar 96% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan media dilihat dari hasil N-Gain yang mendapatkan hasil 0,60 dengan tingkat peningkatan sedang.
Berdasarkan hasil yang diperoleh, game edukasi scratch materi aritmatika sosial dikatakan valid, praktis, dan efektif untuk meningkatkan kemampuan analogical reasoning siswa SMP. Selanjutnya, produk perlu dikembangkan terkait pembahasan soal, contoh soal, pembuatan aplikasi, dan perbaikan jalan cerita yang lebih menarik.
59-UN57.U1-SPM-IX-2023 | MATEMATIKA FAZ P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain