Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MOOD UNDERSTAND, RECALL, DIGEST, EXPAND, REVIEW (MURDER) BERBANTUAN E-LKPD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MATEMATIS DITINJAU DARI MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI
ABSTRAK
Dewi, Afni Nurvita. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Mood Understand, Recall, Digest, Expand, Review (MURDER) Berbantuan E-LKPD Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Ditinjau dari Minat Belajar Peserta Didik Kelas XI”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Yesi Franita, S.Si., M.Sc., Pembimbing II Syita Fatih ‘Adna, S.Pd., M.Sc. Kata
Kunci: Elektronik Lembar Kerja Pesera Didik, Kemampuan Berpikir Kritis Matematis, Minat Belajar Peserta Didik, Model Pembelajaran MURDER
Salah satu kemampuan yang harus dimiliki peserta didik adalah kemampuan berpikir kritis matematis. Kemampuan berpikir kritis matematis perlu diintegrasikan dan ditekankan agar peserta didik dapat menghadapi problematika yang muncul dalam kehidupan. Jika seseorang tidak memiliki kemampuan berpikir kritis maka dengan mudahnya mengambil keputusan tanpa melakukan analisis terlebih dahulu dan sulit dalam menemukan ide untuk menyelesaikan masalah tersebut. Berdasarkan hasil tes kemampuan awal yang dilakukan di SMA Negeri 2 Magelang, diperoleh nilai 47,60 yang menunjukkan bahwa kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik berada dalam kategori rendah. Hal ini dikarenakan model dan media pembelajaran yang digunakan belum bervariasi sehingga peserta didik kurang terlibat dalam pembelajaran yang nantinya dapat berpengaruh terhadap kemampuan peserta didik. Tujuan dari penelitian ini yaitu (1) menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik yang memperoleh model pembelajaran MURDER berbantuan E-LKPD lebih baik dibandingkan peserta didik yang memperoleh pembelajaran dengan model pembelajaran langsung; (2) menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dengan minat belajar tinggi lebih baik dibandingkan peserta didik yang memiliki minat belajar sedang dan rendah, serta kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dengan minat belajar sedang lebih baik dibandingkan peserta didik yang memiliki minat belajar rendah; (3) menganalisis kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dengan minat belajar tinggi yang diajar dengan model pembelajaran MURDER berbantuan ELKPD sama baiknya dengan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung, kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dengan minat belajar sedang yang diajar dengan model pembelajaran MURDER berbantuan E-LKPD lebih baik dibandingkan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung, dan kemampuan berpikir kritis matematis peserta didik dengan minat belajar rendah yang diajar dengan model pembelajaran MURDER berbantuan E - LKPD lebih baik dibandingkan peserta didik yang menggunakan model pembelajaran langsung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi exsperimental dengan bentuk the nonequivalent posttest-only control group. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan cluster random sampling. Pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, angket, tes, dan dokumentasi. Analisis data akhir menggunakan uji analisis varians dua jalan dan uji lanjut pasca analisis varians dua jalan (uji Scheffe).
58-UN57.U1-SPM-IX-2023 | MATEMATIKA DEW P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN MATEMATIKA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain