Text
SKRIPSI EVALUASI KINERJA KERETA REL LISTRIK (COMMUTER LINE) RUTE YOGYAKARTA - SOLO BALAPAN TERHADAP PELAYANAN PENUMPANG
INTISARI
Kereta Rel Listrik (KRL) merupakan suatu sarana transportasi umum yang diminati oleh masyarakat saat ini karena dianggap lebih cepat dan menghemat waktu perjalanan. Semakin meningkatnya kebutuhan transportasi umum di Jawa Tengah dan DIY, menyebabkan diadakannya KRL rute Yogya - Solo yang diharapkan dapat memudahkan masyarakat dalam bepergian dengan biaya yang relatif murah. Seiring berjalannya waktu, semakin meningkat pula penggunanya yang menyebabkan KRL kerap mengalami kepadatan. Penelitian ini dilakukan gu na mengevaluasi kinerja KRL, tingkat pelayanan KRL, dan kepuasan penumpang terhadap pelayanan saat ini. Kinerja Kereta Rel Listrik dan tingkat pelayanan berpacu pada Peraturan Menteri Perhubungan No.63 Tahun 2019 tentang Standar Pelayanan Minimum Angkutan Orang dengan Kereta Api. Sedangkan untuk mendapat nilai kepuasan penumpang, digunakan metode CSI ( Customer Satisfaction Index ). Penelitian ini dilakukan di dalam KRL dan di salah satu stasiun yang dilewati oleh KRL rute Yogya - Solo serta dilakukan pada hari kerja dan hari libur sebagai pembanding. Berdasarkan evaluasi yang telah dilakukan, waktu tempuh total yang didapat telah memenuhi standar pelayanan minimum. Kecepatan rata - rata dari KRL yaitu 58,72 km/jam dengan waktu headway rata - rata selama 1 jam 34 menit. Memiliki nilai load factor tertinggi sebesar 121% yang terdapat pada perjalanan di akhir pekan. Tingkat kepuasan penumpang memiliki nilai 78,11% yang berarti responden sudah merasa puas dengan pelayanan KRL saat ini.
Kata kunci : kepadatan , SPM (Standar Pelayanan Minimum), CSI ( Customer Satisfaction Index ) , kinerja
69-UN57.U1-STS-IX-2023 | SIPIL PRI E 2023 | Ruang Skripsi (TEKNIK SIPIL) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain