Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL AJAR BIOLOGI SEL DAN BIOPROSES DALAM SEL BERBASIS PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) FASE F SMA
ABSTRAK
Salsabilla, Aulia. 2023. “ Pengembangan Modul Ajar Biologi Sel dan Bioproses dalam Sel Berbasis Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) Fase F SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pemimbing I Dr. Setiyo Prajoko, M.Pd., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata kunci : Kurikulum Merdeka, Modul Ajar, Pembelajaran Kontekstual
Salah satu alat yang diperlukan untuk mencapai tujuan pendidikan adalah kurikulum. Adanya pergeseran dan perubahan seiring dengan dinamika perubahan sosial menyebabkan perubahan pada kurikulum. Dalam sejarah perkembangan kurikulum di Indonesia, tercatat sebanyak sebelas kali perubahan kurikulum hingga saat ini muncul Kurikulum Merdeka. Kurikulum Merdeka mengubah empat prinsip menjadi arahan kebijakan baru, salah satunya adalah perubahan RPP menjadi modul ajar. Modul ajar pada kurikulum merdeka merupakan perangkat krusial yang mempermudah implementasi pembelajaran dengan paradigma baru. Meski demikian, saat ini masih banyak guru yang mengalami kesulitan dalam mengembangkan modul ajar. Perubahan Kurikulum Merdeka yang berorientasi pada kebebasan dan kreativitas peserta didik menyebabkan beberapa guru mengalami kesulitan untuk menentukan pendekatan pembelajaran yang cocok untuk dapat mewujudkan prinsip kemerdekaan belajar yang sesuai dengan karakteristik peserta didik dan materi pembelajaran. Salah satu pendekatan pembelajaran yang dapat mengaktualisasi kemerdekaan belajar adalah pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL).
Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggunakan Model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menyelidiki dan mengetahui kelayakan modul ajar Kurikulum Merdeka berbasis pendekatan CTL pada materi biologi sel dan bioproses dalam sel kelas XI SMA serta mengetahui respon guru terhadap pengembangan modul ajar Kurikulum Merdeka berbasis pendekatan CTL pada materi biologi sel dan bioproses dalam sel kelas XI SMA. Kelayakan modul ajar berbasis CTL pada materi biologi sel dan bioproses dalam sel ini didasarkan pada hasil validasi bahan ajar dan validasi materi.
Hasil validasi bahan ajar dan materi masing-masing memperoleh persentase 98% dan 77% sehingga dapat dikatakan sangat layak sebagai bahan ajar dan layak dari segi materi. Berdasarkan hasil uji respon guru modul ajar berbasis CTL pada materi biologi sel dan bioproses dalam sel memperoleh persentase 79% atau dalam kategori baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa modul ajar Kurikulum Merdeka berbasis pendekatan CTL pada materi biologi sel dan bioproses dalam sel kelas XI SMA layak dan baik untuk digunakan sebagai perangkat pembelajaran Kurikulum Merdeka.
66-UN57.U1-SPB-IX-2023 | BIOLOGI SAL P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain