Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN MEMPRODUKSI NASKAH DRAMA MENGGUNAKAN METODE MISBAR (MENULIS BERANTAI) PADA PESERTA DIDIK SMP KELAS VIII
ABSTRAK
Utami, Devi Arlinda. 2023.
“Pengembangan Pembelajaran Memproduksi Naskah Drama Menggunakan Metode Menulis Berantai (misbar) Pada Peserta Didik SMP Kelas VIII”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Tidar. Pembimbing 1 Dr. Mimi Mulyani, M.Hum., Pembimbing II Ayu Wulandari, M.Pd.
Kata Kunci: drama, metode menulis berantai.
Keterampilan menulis merupakan keterampilan berbahasa yang sulit dikuasai oleh siswa, salah satunya menulis drama. Solusi dari permasalahan tersebut yaitu mengembangkan metode pembelajaran yang sesuai dengan kebutuhan guru dan siswa seperti metode menulis berantai. Dengan penerapan metode menulis berantai dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam proses mengembangkan imajinasi kedalam sebuah dialog drama secara langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Memaparkan analisis kebutuhan pengembangan metode menulis berantai dalam pembelajaran menulis naskah drama pada siswa SMP kelas VIII. (2) Memaparkan karakteristik pembelajaran menulis naskah drama menggunakan metode menulis berantai pada siswa SMP kelas VIII. (3) Memaparkan desain pembelajaran menulis naskah drama menggunakan metode menulis berantai pada siswa SMP kelas VIII. Metode penelitian yang digunakan dalam peneltian ini adalah Research and Development (R&D). Langkah penelitian ini terdiri dari beberapa tahap antara lain yaitu studi pustaka, survei lapangan, penyususnan produk, dan revisi produk yang dinilai oleh ahli materi yaitu Dr. Mursia Ekawati, M.Hum. dan ahli metode pembelajaran yaitu Dr. Farikah, M.Pd. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini sebagai berikut: (1) dibutuhkan metode pembelajaran yang melibatkan siswa secara langsung sehingga membuat kegiatan belajar aktif dan memotivasi siswa dalam pembelajaran. (2) Prinsip penyusunan metode menulis berantai (misbar) berdasarkan hasil analisis kebutuhan menurut persepsi guru dan siswa. Prinsip pengembangan tersebut antara lain yaitu prinsip motivasi, prinsip keterampilan, prinsip kreativitas, dan prinsip efektif. (3) Produk yang dihasilkan dari pengembangan metode menulis berantai berupa desain prototipe metode pembelajaran yang direalisasikan dalam bentuk buku panduan. Produk tersebut telah divalidasi oleh ahli materi dengan nilai 4.2 dan ahli metode pembelajaran sebesar 4.7. Berdasarkan hasil tersebut, desain produk metode pembelajaran menulis berantai berkategori baik dan layak digunakan dengan sedikit revisi. Simpulan dari penelitian ini yaitu desain produk metode menulis berantai berkategori baik dan layak digunakan. Guru perlu mengembangkan dan memberi inovasi dalam pembelajaran sehingga siswa termotivasi mengikuti pembelajaran dan tujuan pembelajaran yang diharapkan dapat tercapai.
80-UN57.U1-SIN-IX-2023 | INDONESIA UTA P 2023 | Ruang Skripsi (BAHASA INDONESIA) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain