Text
SKRIPSI EFEKTIVITAS LKPD BERBASIS MODEL SIMAS ERIC TERINTEGRASI AUGMENTED REALITY PADA MATERI SISTEM KOORDINASI DI SMA N 1 CANDIMULYO
ABSTRAK
Febriyanti, Rifqi Tiara. 2023. “Efektivitas LKPD berbasis Model Simas Eric terintegrasi Augmented Reality pada Materi Sistem Koordinasi di SMA N 1 Candimulyo”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, M.Pd., Pembimbing II Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd.
Kata Kunci: Augmented Reality, LKPD, Simas Eric, Sistem Koordinasi.
Berdasarkan hasil observasi dan wawancara di SMA N 1 Candimulyo, ditemukan bahwa pelaksanaan kurikulum 2013 belum optimal dan hasil belajar kognitif peserta didik masih rendah. Hal ini karena proses pembelajaran masih berpusat pada guru dan belum ada media pembelajaran yang efektif, penggunaan LKPD yang belum menggunakan pendekatan saintifik dan sulitnya memahami materi karena materi bersifat abstrak, salah satunya yaitu materi sistem koordinasi. Solusi dari masalah tersebut yakni dapat dengan mengembangkan perangkat pembelajaran yang relevan bagi peserta didik SMA N 1 Candimulyo yakni LKPD berbasis Model Simas Eric terintegrasi augmented reality.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan keefektifan LKPD berbasis model Simas Eric terintegrasi augmented reality untuk meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik. Metode penelitian yang digunakan yakni Research and Development (R&D) dengan jenis penelitian dan pengembangan yang digunakan adalah model 4D (Define, Design, Development, dan Disseminate) namun pada penelitian ini hanya sampai pada tahap development karena fokus dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas produk serta karena adanya keterbatasan waktu dan biaya dari peneliti maka tahap disseminate tidak dilakukan. Dalam tahap development terdapat uji coba skala terbatas dengan pre-experimental design jenis one-group pretest and post design.
LKPD berbasis model Simas Eric terintegrasi augmented reality dinyatakan sangat layak sebagai bahan ajar dan media pembelajaran. Hasil validitas berdasarkan validasi oleh validator ahli media dan materi memperoleh nilai rata-rata sebesar 90,5% dengan kategori sangat layak. Hasil dari pengembangan ini adalah valid berdasarkan penilaian oleh ahli media dengan skor sebesar 92,8% dan berdasarkan penilaian oleh ahli materi dengan skor sebesar 88,2%. Setelah divalidasi, produk diujikan dengan perbaikan pada penulisan, tata penyajian, kerapihan, kesalahan ketik, dan kelengkapan materi serta penambahan keterangan gambar dan sumbernya. LKPD berbasis model Simas Eric terintegrasi augmented reality dinyatakan efektif digunakan sebagai bahan ajar dan media pembelajaran. Hasil ini berdasarkan uji coba secara terbatas di SMA N 1 Candimulyo dan produk yang dikembangkan memiliki rata-rata N-Gain sebesar 0,57 dalam kriteria sedang. Selain itu, didapatkan rata-rata nilai hasil test kognitif peserta didik awalnya 65, dan setelah diberikan produk LKPD berbasis model Simas Eric terintegrasi augmented reality rata-rata nilai hasil tes kognitif peserta didik naik secara signifikan sebesar 20,3 poin menjadi 85,3. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa LKPD berbasis Simas Eric terintegrasi augmented reality layak dan efektif dengan kategori sedang digunakan sebagai bahan ajar dan media pembelajaran.
68-UN57.U1-SPB-IX-2023 | BIOLOGI FEB E 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain