Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN LKPD BERBASIS PROJECT BASED LEARNING (PjBL) PEMBUATAN ECO ENZYME DARI SAMPAH ORGANIK PADA MATERI BIOTEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN SIKAP PEDULI LINGKUNGAN SISWA KELAS XII SMA NEGERI 2 GRABAG
ABSTRAK
Nafi’ah, D.D.S. 2023. Pengembangan LKPD Berbasis Project Based Learning (PjBL) Pembuatan Eco Enzyme dari Sampah Organik pada Materi Bioteknologi untuk Meningkatkan Sikap Peduli Lingkungan Siswa Kelas XII SMA Negeri 2 Grabag. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd., Pembimbing II Muhammad Radian Nur Alamsyah, M.Pd.
Kata Kunci: LKPD, PjBL, Eco Enzyme, Sikap Peduli Lingkungan
Penelitian ini dilatar-belakangi oleh belum adanya bahan ajar khusus yang digunakan dalam pembelajaran biologi kelas XII MIPA di SMA Negeri 2 Grabag. Bahan ajar yang digunakan adalah buku paket dari kemendikbud serta LKPD yang sifatnya masih umum dan belum terintegrasi model pembelajaran seperti PjBL. Selain itu, dari hasil observasi juga diketahui bahwa sikap peduli lingkungan peserta didik kelas XII MIPA belum maksimal.
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kelayakan serta menganalisis kepraktisan dan keefektifan LKPD berbasis PjBL dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (RnD) dengan model 4D yang dimodifikasi menjadi tiga tahapan yaitu define (pendefinisian), design (perancangan), dan develop (pengembangan). Produk LKPD diuji cobakan kepada sampel 35 peserta didik kelas XII MIPA 2 SMA Negeri 2 Grabag menggunakan teknik purposive sampling. Pengumpulan data menggunakan wawancara, studi literatur, dan angket. Analisis kelayakan dan kepraktisan dilakukan menggunakan skala likert. Analisis sikap peduli lingkungan dilakukan menggunakan uji N-Gain (Normalized Gain).
Hasil penilaian kelayakan menunjukkan kriteria sangat layak oleh ahli media dengan persentase 93,75 %, ahli materi dengan persentase 91,66 %, dan ahli instruksional dengan persentase 96,15 %. Hasil penilaian kepraktisan melalui tanggapan guru biologi menunjukkan kriteria sangat praktis dengan persentase 88,35 % dan tanggapan peserta didik menunjukkan kriteria praktis dengan persentase 78,5 %. Keefektifan LKPD berbasis PjBL dalam meningkatkan sikap peduli lingkungan diketahui dari perhitungan N-Gain, skor N-Gain rata-rata peserta didik ialah 0,33 yang termasuk dalam kategori peningkatan sedang. Kesimpulan dari penelitian ini adalah LKPD berbasis PjBL pembuatan eco enzyme dari sampah organik pada materi bioteknologi dinilai layak, praktis, dan efektif digunakan dalam pembelajaran biologi kelas XII MIPA SMA.
69-UN57.U1-SPB-IX-2023 | BIOLOGI NAF P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain