Text
SKRIPSI PENGEMBANGAN MODUL AJAR BIOLOGI BERBASIS INKUIRI PADA MATERI SISTEM PENCERNAAN DAN SISTEM PERNAPASAN
ABSTRAK
Widiyanti, Yuni Anisa. 2023. “Pengembangan Modul Ajar Biologi Berbasis Inkuiri pada Materi Sistem Pencernaan dan Sistem Pernapasan”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Setiyo Prajoko, M. Pd., Pembimbing II Karunia Galih Permadani, M. Sc.
Kata Kunci: modul ajar, inkuiri, kurikulum merdeka, sistem pencernaan, sistem pernapasan.
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh terjadinya pandemi Covid-19 yang merubah seluruh tatanan kehidupan, termasuk bidang pendidikan. Pendidikan di Indonesia yang sebelumnya menggunakan Kurikulum 2013 berganti menggunakan Kurikulum Darurat dan akhirnya berubah menjadi Kurikulum Merdeka. Perubahan yang sangat signifikan tersebut memicu terjadinya learning loss yang dialami guru dan siswa. Untuk mencegah terjadinya permasalahan tersebut secara terus menerus, guru di Indonesia dituntut untuk dapat berinovasi menciptakan modul ajar dan modul pembelajaran sebagai pedoman penyelenggaraan pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kelayakan dari para ahli dan respon guru terhadap modul ajar dan modul pembelajaran biologi berbasis inkuiri pada materi Sistem Pencernaan dan Sistem Pernapasan. Penelitian ini menggunakan metode 3D meliputi tiga tahap yaitu define, design, dan develop, dengan populasinya adalah dua guru Biologi SMA N 1 Bandongan yang telah menerapkan Kurikulum Merdeka pada kelas X. Instrumen yang digunakan untuk menilai kelayakan dan respon guru terhadap modul berbentuk angket yang dibagi ke dalam beberapa aspek dan setiap aspek mengandung pernyataan. Hasil penilaian ahli materi terhadap modul ajar memiliki skor akhir sebesar 80.92% dan terhadap modul pembelajarannya memiliki skor 85.21% yang jika keduanya diinterpretasikan memiliki tingkat kelayakan “sangat layak”. Hasil penilaian pengembangan modul ajar dan modul pembelajaran biologi berbasis inkuiri pada materi Sistem Pencernaan dan Sistem Pernapasan memiliki persentase penilaian dari ahli materi sebesar 80.92% untuk modul ajar dan 85.21% untuk modul pembelajaran. Sedangkan penilaian dari ahli pengembangan bahan ajar memiliki persentase 90.27% untuk modul ajar dan 95.76% untuk modul pembelajaran. Keempat persentase tersebut masuk dalam kategori “sangat layak” untuk digunakan. Tanggapan respon dari dua guru SMA N 1 Bandongan sebesar 72.61% dan 72.36% untuk modul pembelajaran yang masuk dalam kategori “layak” untuk digunakan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan, Maka diperoleh simpulan bahwa hasil penilaian dari ahli materi serta pengembangan bahan ajar memiliki tingkat kelayakan “sangat layak” dan dari respon kelayakan guru mendapatkan kategori kelayakan “layak”. Dengan hasil demikian, peneliti berharap akan ada penelitian selanjutnya yang menyempurnakan penelitian ini dan mengembangkannya dengan berbagai model dan materi pembelajaran.
62-UN57.U1-SPB-IX-2023 | BIOLOGI WID P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain