Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL DISCOVERY LEARNING TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA PADA MATERI SISTEM PERNAPASAN KELAS XI MIPA SMA NEGERI 2 GRABAG
ABSTRAK
Hidayah, Kholifah Nurul. 2023. “Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Pemahaman Konsep dan Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Sistem Pernapasan Kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Grabag”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Dr. Ericka Darmawan, M. Pd., Pembimbing II Shefa Dwijayanti Ramadani, M. Pd.
Kata Kunci: Discovery Learning, Keaktifan Belajar, Pemahaman Konsep
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model discovery learning terhadap pemahaman konsep dan keaktifan belajar siswa pada materi sistem pernapasan kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Grabag. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode quasi eksperimen tipe non-equivalent control group design. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 2 Grabag tahun pelajaran 2022/2023. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling, yang terdiri dari satu kelas eksperimen yaitu kelas XI MIPA 1 dan satu kelas kontrol yaitu kelas XI MIPA 2. Instrumen yang digunakan berupa tes berbentuk pilihan ganda yang telah diuji validitas dan reliabilitas serta angket respon. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji mann-whitney u-test dan uji independent t test pada taraf signifikansi ∝ = 0.05, serta dianalisis dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) hasil pemahaman konsep uji mann-whitney u-test nilai pretest adalah 0.861 sedangkan nilai posttest adalah 0.000; (2) hasil keaktifan belajar uji independent t-test awal adalah 0.385 sedangkan akhir adalah 0.043. Artinya tidak ada perbedaan signifikan pada awal pembelajaran antara kelas eksperimen dan kelas kontrol namun terdapat perbedaan nilai signifikan setelah pembelajaran, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model discovery learning pada materi sistem pernapasan terhadap pemahaman konsep dan keaktifan belajar siswa SMA Negeri 2 Grabag. Maka dari itu, model discovery learning dapat dijadikan sebagai inovasi pembelajaran di kelas, untuk meningkatkan mutu pembelajaran, khususnya terhadap pemahaman konsep dan keaktifan belajar siswa.
61-UN57.U1-SPB-IX-2023 | BIOLOGI HID P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain