Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ADVANCE ORGANIZER DENGAN MEDIA DART BOARD TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN DI SMA N 3 MAGELANG
ABSTRAK
Ayuni, Noverilita Pramesthi Baby. (2023). “Pengaruh Model Pembelajaran Advance Organizer Dengan Media Dart Board Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Dan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas X Materi Perubahan Lingkungan Di SMA N 3 Magelang”. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Biologi, Pembimbing I Karunia Galih Permadani, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Ferisa Prasetyaning Utami, M.Pd.
Kata Kunci : Advance Organizer, Dart Board, Kemampuan Berpikir Kritis, Motivasi Belajar, Perubahan Lingkungan
Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurang maksimalnya kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Perolehan hasil rata-rata nilai kelas pada materi perubahan lingkungan diperoleh angka sebesar 40,2 dari skala 100. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Advance Organizer dengan media Dart Board terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik pada materi perubahan lingkungan. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling dengan subjek penelitian ini adalah kelas X-2 sebagai kelas kontrol dan kelas X-4 sebagai kelas eksperimen. Instrumen yang digunakan berupa modul ajar, lembar observasi, lembar tes, dan lembar skala motivasi. Data yang diperoleh berupa pretst dan post-test materi perubahan lingkungan, serta pengisian skala motivasi belajar peserta didik. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji Mann Whitney U Test. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data, nilai rata-rata pretest dan post-test kelas kontrol sebesar 71,42 dan 82,83. Sedangkan untuk kelas eksperimen diperoleh rata -rata nilai pretest dan post-test sebesar 68,61 dan 87,81. Selain itu juga diperoleh niali rata-rata skala motivasi belajar, untuk kelas kontrol diperoleh nilai skala awal sebesar 71,13 dan skala akhir sebesar 74,91, sedangkan untuk kelas eksperimen diperoleh nilai skala awal sebesar 66,91 dan skala akhir sebesar 84,08. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil uji Mann Whitney U Test kemampuan berpikir kritis dengan taraf signifikasi 0,000 yang artinya terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis pada kelas eksperimen. Sedangkan pada motivasi belajar peserta didik diperoleh hasil uji Mann Whitney U Test dengan taraf signifikasi 0,000 yang artinya terdapat perbedaan motivasi belajar pada kelas eksperimen. Dari data penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran Advance Organizer dengan media Dart Board berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kritis dan motivasi belajar peserta didik materi perubahan lingkungan. Adanya pengaruh model pembelajaran Advance Organizer dengan media Dart Board terhadap kemampuan berpikir kritis peserta didik terlihat dari peningkatan hasil nilai pretest dengan post-test pada kelas eksperimen, selain peningkatan nilai juga terlihat pada saat peserta didik memberikan jawaban atas pertanyaan yang diberikan pada saat proses pembelajaran. Adanya pengaruh model pembelajaran Advance Organizer dengan media Dart Board terhadap motivasi belajar peserta didik dapat terlihat dari peningkatan perolehan skor skala motivasi belajar pada kelas eksperimen dan adanya peningkatan antusiasme peserta didik untuk mengikuti pembelajaran.
60-UN57.U1-SPB-IX-2023 | BIOLOGI AYU P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain