Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN EXPERIENTIAL JELAJAH ALAM SEKITAR (EJAS) TERHADAP KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA SUBMATERI TINGKAT KEANEKARAGAMAN HAYATI DI SMA NEGERI 2 TEMANGGUNG
ABSTRAK
Setiyana, Mei. 2023. "Pengaruh Model Pembelajaran Experiential Jelajah Alam Sekitar (EJAS) Terhadap Keterampilan Proses Sains dan Pemahaman Konsep Siswa pada Submateri Tingkat Keanekaragaman Hayati di SMA Negeri 2 Temanggung". Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Karunia Galih Permadani, M.Sc., Pembimbing II Ika Sukmawati, M.Pd.
Kata kunci: model pembelajaran EJAS, keterampilan proses sains, pemahaman konsep, submateri tingkat keanekaragaman hayati.
Dalam pembelajaran sains khususnya biologi, seharusnya lebih ditekankan pada proses dan dibutuhkan sikap ilmiah yang didasari oleh konsep-konsep, sehingga nantinya sikap ilmiah ini akan mengembangkan keterampilan proses siswa untuk memahami materi. Pembelajaran di SMA Negeri 2 Temanggung pada submateri tingkat keanekaragaman hayati dilakukan dengan menggunakan bahan ajar berupa buku paket, sehingga menjadikan pembelajaran belum melibatkan siswa, hal ini menyebabkan keterampilan proses sains dan pemahaman konsep siswa belum optimal.
Tujuan penelitian ini yaitu, (1) untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran EJAS terhadap keterampilan proses sains siswa pada submateri tingkat keanekaragaman hayati di SMA Negeri 2 Temanggung, (2) untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran EJAS terhadap pemahaman konsep siswa pada submateri tingkat keanekaragaman hayati di SMA Negeri 2 Temanggung.
Penelitian ini merupakan penelitian quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 2 Temanggung. Sampel penelitian menggunakan dua kelas yaitu kelas XA sebagai kelas kontrol dan kelas XB sebagai kelas eksperimen yang ditentukan berdasarkan teknik purposive sampling. Kelas kontrol diberikan perlakuan dengan model pembelajaran konvensional (ceramah dan diskusi), sedangkan kelas eksperimen dengan model pembelajaran EJAS. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji independent sample t-test.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa analisis hipotesis pada nilai post-test keterampilan proses sains dan pemahaman konsep siswa memiliki nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti nilai Sig. < 0,05. Selain itu rata-rata nilai post-test keterampilan proses sains dan pemahaman konsep siswa juga terdapat perbedaan antara kelas eksperimen dan kelas kontrol. Pada kelas eksperimen memiliki rata-rata yang lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol.
Kesimpulan dari penelitian ini yaitu, terdapat pengaruh model pembelajaran EJAS terhadap keterampilan proses sains dan pemahaman konsep siswa pada submateri tingkat keanekaragaman hayati di SMA Negeri 2 Temanggung. Berdasarkan hasil penelitian tersebut model pembelajaran EJAS dapat menjadi alternatif model pembelajaran yang dapat digunakan agar pembelajaran lebih bermakna dan kebutuhan belajar siswa terfasilitasi.
59-UN57.U1-SPB-IX-2023 | BIOLOGI SET P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain