Text
SKRIPSI PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN GALLERY WALK BERBANTUAN CROSSWORD PUZZLE TERHADAP HASIL BELAJAR KOGNITIF DAN MOTIVASI PESERTA DIDIK PADA MATERI EVOLUSI DI SMAIT IHSANUL FIKRI
ABSTRAK
Nurfaizah, Shinta. 2023. “Pengaruh Model Pembelajaran Gallery Walk berbantuan Crossword Puzzle terhadap Hasil Belajar Kognitif dan Motivasi Beljar Peserta Didik pada Materi Evolusi di SMAIT Ihsanul Fikri”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Karunia Galih Permadani, S.Pd., M.Sc., Pembimbing II Dr. Ericka Darmawan, S.Si., S.Pd., M.Pd.
Kata Kunci: model gallery walk, crosword puzzle, hasil belajar kognitif, motivasi belajar, evolusi.
Penelitian ini dilatar belakangi oleh masih belum maksimalnya hasil belajar kognitif dan motivasi belajar peserta didik dalam mempelajari materi Evolusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran Gallery Walk berbantuan Crossword Puzzle terhadap hasil belajar kognitif dan motivasi belajar peserta didik pada materi evolusi.
Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode quasy experiment tipe nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas XII MIPA SMAIT Ihsanul Fikri dengan sampel yang digunakan berupa kelas XII MIPA 1 sebagai kelas kontrol dan XII MIPA 3 sebagai kelas eksperimen yang ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Uji hipotesis yang digunakan untuk mengolah data yang telah dihasilkan menggunakan uji independent sample t-test pada taraf signifikansi 0,05 menggunakan bantuan program SPSS 25.
Hasil penelitian menunjukan bahwa analisis hipotesis pada nilai post-test hasil belajar kognitif peserta didik mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,01 yang berarti nilai Sig. < 0,05. Rata-rata nilai post-test hasil belajar kognitif peserta didik juga memiliki perbedaan antara kelas kontrol dan eksperimen. Pada kelas eksperimen memiliki nilai rata-rata lebih tinggi sebesar 86,375 dibandingkan kelas kontrol sebesar 78,26 Selanjutnya data motivasi belajar mendapatkan nilai signifikansi sebesar 0,000 yang berarti nilai Sig.< 0,05.
Selain itu rata-rata nilai motivasi belajar peserta didik pada kelas eksperimen dan kelas kontrol terdapat perbedaan. Pada kelas eksperimen rata-rata motivasi belajar peserta didik lebih tinggi sebesar 73,312 dibandingkan kelas kontrol sebesar 48.533.
Dari hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran Gallery Walk berbantuan Crossword Puzzle memberikan pengaruh terhadap hasil belajar kognitif dan motivasi belajar peserta didik dalam memahami materi Evolusi. Kesimpulan dari penelitian yang telah dilaksanakan adalah terdapat pengaruh model pembelajaran Gallery Walk berbantuan Crossword Puzzle terhadap hasil belajar kognitif dan motivasi belajar peserta didik kelas XII MIPA pada materi Evolusi di SMAIT Ihsanul Fikri.
70-UN57.U1-SPB-IX-2023 | BIOLOGI NUR P 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain