PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar

  • Beranda
  • Informasi
  • Berita
  • Bantuan
  • Pustakawan
  • Area Anggota
  • Pilih Bahasa :
    Bahasa Arab Bahasa Bengal Bahasa Brazil Portugis Bahasa Inggris Bahasa Spanyol Bahasa Jerman Bahasa Indonesia Bahasa Jepang Bahasa Melayu Bahasa Persia Bahasa Rusia Bahasa Thailand Bahasa Turki Bahasa Urdu

Pencarian berdasarkan :

SEMUA Pengarang Subjek ISBN/ISSN Pencarian Spesifik

Pencarian terakhir:

{{tmpObj[k].text}}
No image available for this title

Text

SKRIPSI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN MEANS ENDS ANALYSIS (MEA) UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS DAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA PADA MATERI PERUBAHAN LINGKUNGAN KELAS X SMA NEGERI 1 MUNTILAN

ZUMROTUL SALISA - Nama Orang;

ABSTRAK
Zumrotul Salisa 2023. “Penerapan Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Materi Perubahan Lingkungan Kelas X SMA Negeri 1 Muntilan”. Skripsi Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Tidar. Pembimbing I Ika Sukmawati, M.Pd., Pembimbing II Shefa Dwijayanti Ramadani, M.Pd.
Kata kunci: Keterampilan Berpikir Kritis, Model Pembelajaran Means Ends Analysis (MEA), Pemahaman Konsep
Terdapat berbagai macam pembaharuan pada dunia pendidikan di Indonesia yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan kuantitas pendidikan yang sudah ada, baik dalam pengembangan kurikulum, inovasi pembelajaran, dan pemenuhan sarana serta prasarana pendidikan. Pembelajaran di kelas membutuhkan perlakuan yang bervariasi, sehingga siswa dapat mengikuti perubahan yang ada dalam proses pembelajaran abad 21. Keterampilan berpikir abad 21 yang penting untuk dimiliki siswa di tengah derasnya arus informasi di era digital yaitu berpikir kritis. Gambaran keterampilan berpikir kritis siswa pada kelas X tahun pelajaran 2022/2023 di SMA Negeri 1 Muntilan masih rendah. Banyaknya konsep yang harus dipelajari serta karakteristik materi biologi yang abstrak menyebabkan munculnya ketidakpahaman siswa terhadap materi pembelajaran. Perubahan lingkungan merupakan salah satu materi biologi yang diberikan pada kelas X dengan cakupan materi yang cukup luas. Berdasarkan hasil wawancara yang telah dilakukan, diketahui bahwa nilai Ulangan Harian materi perubahan lingkungan kelas X MIPA SMA Negeri 1 Muntilan tahun pelajaran 2021/2022 juga masih rendah yaitu rata-rata sebesar 75. Rendahnya keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa salah satunya disebabkan oleh model yang digunakan dalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran biologi lebih disarankan menggunakan model berbasis masalah seperti halnya dengan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penggunaan model pembelajaran Means Ends Analysis (MEA) dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan pemahaman konsep siswa. Penelitian dilakukan di SMA Negeri 1 Muntilan. Metode yang digunakan yaitu Quasi Eksperiment dengan desain Pretest-Posttest Control Group Design dengan teknik pengambilan sampel Purposive Sampling. Kelas FASE E 7 sebagai kelas eksperimen dan kelas FASE E9 sebagai kelas kontrol. Teknik analisis data menggunakan uji Wilcoxon dan uji N-GAIN. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai posttest keterampilan berpikir kritis kelas eksperimen sebesar 84,44 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 76,25. Dari hasil analisis uji Wilcoxon keterampilan berpikir kritis diperoleh signifikansi sebesar 0,00 atau signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak. Hasil uji N-GAIN diperoleh rata-rata pada kelas eksperimen sesbesar 48,48 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 25,00. Analisis hasil penelitian diperoleh rata-rata nilai posttest pemahaman konsep pada kelas eksperimen sebesar 82,78 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 79,53. Dari hasil analisis uji Wilcoxon pemahaman konsep diperoleh signifikansi sebesar 0,00 atau signifikansi < 0,05 maka H0 ditolak. Hasil uji N-GAIN diperoleh rata-rata pada kelas eksperimen sesbesar 45,00 sedangkan pada kelas kontrol sebesar 40,55. Apabila siswa mengikuti proses pembelajaran dengan model pembelajaran MEA dengan baik, dapat mengoptimalkan kemampuan pemecahan masalahnya dengan keterampilan berpikir kritis siswa yang akan ikut meningkat pula. Penerapan model pembelajaran MEA juga lebih efektif untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa dibanding dengan model pembelajaran konvensional dilihat dari data hasil kelas eksperimen yang diperoleh.


Ketersediaan
64-UN57.U1-SPB-IX-2023BIOLOGI SAL P 2023Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI)Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan
Informasi Detail
Judul Seri
-
No. Panggil
BIOLOGI SAL P 2023
Penerbit
MAGELANG : UNIVERSITAS TIDAR., 2023
Deskripsi Fisik
XV;166HAL;29.5CM
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
570
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek
PRODI_S1_PENDIDIKAN_BIOLOGI
FAKULTAS_KEGURUAN_DAN_ILMU_PENDIDIKAN
Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab
-
Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas
  • FULL TEXT
Komentar

Anda harus masuk sebelum memberikan komentar

PERPUSTAKAAN UNTIDAR : Repositori Mahasiswa Untidar
  • Informasi
  • Layanan
  • Pustakawan
  • Area Anggota

Tentang Kami

As a complete Library Management System, SLiMS (Senayan Library Management System) has many features that will help libraries and librarians to do their job easily and quickly. Follow this link to show some features provided by SLiMS.

Cari

masukkan satu atau lebih kata kunci dari judul, pengarang, atau subjek

Donasi untuk SLiMS Kontribusi untuk SLiMS?

© 2025 — Senayan Developer Community

Ditenagai oleh SLiMS
Pilih subjek yang menarik bagi Anda
  • Karya Umum
  • Filsafat
  • Agama
  • Ilmu-ilmu Sosial
  • Bahasa
  • Ilmu-ilmu Murni
  • Ilmu-ilmu Terapan
  • Kesenian, Hiburan, dan Olahraga
  • Kesusastraan
  • Geografi dan Sejarah
Icons made by Freepik from www.flaticon.com
Pencarian Spesifik