Text
SKRIPSI ANALISIS KESIAPAN GURU DALAM MENGIMPLEMENTASIKAN ASESMEN DIAGNOSTIK KURIKULUM MERDEKA PADA MATA PELAJARAN BIOLOGI DI SMA WILAYAH KOTA MAGELANG
ABSTRAK
Arum, Wahyu Putri Ambar (2023). “Analisis Kesiapan Guru dalam Mengimplementasikan Asesmen Diagnostik Kurikulum Merdeka pada Mata Pelajaran Biologi di SMA Wilayah Kota Magelang.Skripsi. Program Studi Pendidikan Biologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Tidar. Pembimbing I Karunia Galih Permadani, S.Pd., M.Sc. Pembimbing II Muhammad Radian N.A., M.Pd.
Kata Kunci : Kesiapan guru biologi, Asesmen Diagnostik, Faktor yang berpengaruh.
Keberhasilan penerapan kurikulum merdeka tergantung pada kesiapan guru serta tenaga kependidikan di sekolah salah satunya melalui implementasi asesmen diagnostik. Asesmen diagnostik digunakan untuk mendiagnosis kompetensi dasar siswa, sehingga memungkinkan bagi guru untuk menyusun bahan ajar serta memilih metode pembelajaran yang sesuai untuk tahap pembelajaran selanjutnya. Penting untuk mengetahui kesiapan guru dalam mengimplementasikan asesmen diagnostik karena menjadi salah satu indikator bagi kesiapan guru dan sekolah dalam menerapkan kurikulum merdeka. Melalui adanya penelitian tentang kesiapan guru dalam mengimplementasikan asesmen diagnostik diharapkan menjadi evaluasi bagi berbagai pihak terkait untuk dapat mengoptimalkan pelaksanaan asesmen sesuai dengan kebijakan yang berlaku dalam kurikulum merdeka. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengambilan subjek penelitian menggunakan metode purposive sampling yaitu pengambilan data berdasarkan pertimbangan sesuai dengan kebutuhan penelitian.
Populasi yang digunakan dalam penelitian yaitu guru biologi di SMA wilayah Kota Magelang dengan sampel sekolah meliputi 1 SMA Negeri dan 1 SMA Swasta pada masing-masing wilayah kecamatan. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian meliputi studi dokumen, pengisian angket, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berdasarkan hasil angket diketahui skor menunjukkan rata-rata 59,22% sehingga kesiapan guru biologi berdasarkan kriterian penskoran Arikunto (2009) termasuk dalam kategori “Cukup Siap”. Cukup siap diartikan bahwa terdapat beberapa guru telah siap dan ada juga beberapa guru yang belum siap untuk mengimplementasikan asesmen diagnostik. Nilai terendah dari hasil angket yang disebar terdapat pada indikator manajemen SDM guru dalam pelaksanaan asesmen diagnostik. Faktor-faktor yang mempengaruhi kesiapan guru mata pelajaran biologi dalam mengimplementasikan asesmen diagnostik di SMA wilayah Kota Magelang yaitu : (1) Pelatihan dan sosialisasi yang diberikan kepada guru tidak dilakukan secara berkala, (2) materi yang disampaikan tidak fokus membahas terkait asesmen diagnostik melainkan menjelaskan seluruh aspek Kurikulum Merdeka, (3) minimnya referensi pelaksanaan asesmen diagnostik, dan (4) keterbatasan waktu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa kesiapan implementasi asesmen diagnostik yang dilakukan oleh guru biologi di SMA wilayah Kota Magelang tergolong dalam kategori “Cukup Siap” yang didukung oleh beberapa faktor yang melandasi implementasi asesmen diagnostik terutama pada pembelajaran biologi.
63-UN57.U1-SPB-IX-2023 | BIOLOGI ARU A 2023 | Ruang Skripsi (PENDIDIKAN BIOLOGI) | Tersedia namun tidak untuk dipinjamkan - No Loan |
Tidak tersedia versi lain